YLBH PKP Kab. Bekasi Gelar Sosialisasi Hukum Untuk Amil dan P3N

YLBH PKP Kab. Bekasi Gelar Sosialisasi Hukum Untuk Amil dan P3N

Kabupaten Bekasi, Inmas Kabupaten Bekasi

Ketua Yayasan Bantuan Hukum perselisihan keluarga dan perceraian (YLBH PKP) Rohmat  mengungkapkan kesadaran hukum masyarakat  masih perlu ditingkatkan terutama dalam memahami prosedur perceraian. Peningkatan pemahaman prosedur perceraian ini harus dilakukan mengingat angka perceraian di Kabupaten Bekasi mencapai 1800 kasus.

“tentu ini bukan angka yang sedikit dan tidak tertutup kemungkinan dilapangan kondisi riil yang tidak menempuh jalur hukum atau cerai di bawah tangan masih terjadi,” Ujar Rohmat.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal ini perlu mendapatkan perhatian baik dari pemerintah maupun dari  berbagai komponen masyarakat guna mencari solusi untuk menekan angka perceraian dan memberikan informasi yang seluas-luasnya terkait prosedur perceraian yang menempuh jalur hukum. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang melakukan proses perceraian mendapatkan kepastian hukum.

“Perceraian melalui Pengadilan agama untuk mendapatkan kepastian hukum terhadap orang yang bersangkutan “ ujarnya

Lebih jauh dia menuturkan cerai terbagai dua macam yaitu pertama cerai talak yang diajukan dan diucapkan oleh suami kepada isteri. Kedua, cerai gugat yang di ajukan oleh isteri kepada suami. Di Indonesia, angka perceraian yang diajukan pihak perempuan sebesar 80 persen sisanya diajukan laki laki.

Sementara di dunia, khususnya di negara pemeluk agama Islam, angka perceraian Negara Kesatuan Republik Indonesia menduduki peringkat satu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pasangan yang meninggalkan kewajibannya, perselisihan yang terus menerus serta kekerasan dalam rumah tangga , faktor moral, persoalan ekonomi dan masalah keturunan. 

YLBH PKP membantu masyarakat secara cuma-cuma dengan menyediakan pengacara sebagaimana UU no 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum” pungkasnya.

Kontributor : Denden Zenal Mutaqin


Dibaca: 113 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter