Wujudkan Kepedulian Lingkungan, Ini Kegiatan Ekstrakulikuler Santri MD Nurul Azmi

Wujudkan Kepedulian Lingkungan, Ini Kegiatan Ekstrakulikuler Santri MD Nurul Azmi


Cisarua (INMAS KBB)

Madrasah Diniyah  Nurul Azmi yang berlokasi di Desa Pasirhalang Kec. Cisarua Kab. Bandung Barat, mengajak santrinya bertani sebagai kegiatan ekstrakulikuler dengan cara organik, sebagai upaya membangun jiwa santri yang peduli pada lingkungan dan alam dengan pemanfaatan lahan sempit.

Santri yang memiliki motto (Berakhlaq, Berprestasi, dan Mandiri) disingkat BBM diimplementasikan dengan program bertaninya.

Pengelola MD Nurul Azmi, Asep Mahmud Yusup yang akrab dipanggil Kang Amy  mengatakan bahwa santri belajar dan diarahkan untuk peduli lingkungan dan alam melalui pemanfaatan limbah organik dan nonorganik.

"Santri diarahkan untuk peduli lingkungan dengan memanfaatkan limbah organik dan nonorganik untuk keperluan bertaninya, sebagai refleksi akhlak terhadap alam," tuturnya (13/10/2021).

Menurut Amy, adapun pemanfaatan limbah yaitu:

Pertama, limbah organik di antaranya

limbah dapur (rumah tangga) atau limbah   organik lainnya  digunakan untuk membuat kompos nutrisi tanah, pupuk cair, bahkan pestisida nabati  berfungsi sebagai upaya agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Kedua, limbah nonorganik.

Limbah plastik pada umumnya seperti plastik bening kecil, gelas plastik bekas minuman, bungkus kopi digunakan untuk media persemaian.

Sementara kantong plastik yang ukuran sedang sampai besar mereka gunakan untuk tempat tanam pengganti polybag atau pot.

Langkah tersebut merupakan bukti kepedulian santri terhadap lingkungan dalam rangka mengurangi penumpukan sampah yang berdampak negatif terhadap alam dan kenyamanan hidup manusia.

Adapun tanaman yang ditanam, fokus pada hortikultura yang usia pendek menengah, seperti cabai merah, cabai rawit pangan, dan hias serta jenis sayuran lainnya.

"Harapannya selain membangun kepedulian santri terhadap lingkungan, langkah ini merupakan upaya membangun kemandirian finansial untuk kebutuhan operasional madrasah," ungkap Amy.

Amy pun berharap program tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari kepedulian santri terhadap lingkungan serta mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah.

"Semoga program ini bisa berkelanjutan dan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar bahkan dukungan pemerintah untuk lebih mengembangkan manfaat dari santri peduli lingkungan tersebut," pungkas


Kontributor: Dadan Saepudin, Ketua I DPD PGM Indonesia KBB.


Dibaca: 88 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter