Waspadai Cuaca Ekstrem, Jemaah Haji Diimbau Siapkan APD dan Jangan Tunggu haus

Waspadai Cuaca Ekstrem, Jemaah Haji Diimbau Siapkan APD dan Jangan Tunggu haus


Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Ibadah haji tahun ini, yang diselenggarakan pada Juli 2022, diprediksi berlangsung di bawah kondisi cuaca yang esktrem. Suhu di Makkah dan Madinah diperkirakan mencapai 45 derajat celcius. Mengantisipasi hal tersebut, jemaah haji diimbau untuk mengenakan alat pelindung diri (APD) yang memadai saat hendak pergi ke mana pun dan keluar dari pondokan.

APD dimaksud, seperti topi atau payung, kacamata hitam, pelembab dan sunscreen, masker, botol spray, alas kaki dan kaus kaki, serta tas kresek dan tas paspor.

“APD yang perlu disiapkan itu topi atau payung, lalu kacamata hitam. Dengan mengenakan kacamata, mata terhindar dari debu dan pencetus iritasi yang lain. Gunakan juga pelembab, terutama untuk kaki, karena cuaca yang panas berpotensi membuat telapak kaki pecah-pecah,” ungkap dr. Teguh Zulfikar Hamzah pada Sosialisasi Penyelesaian Dokumen dan Perlengkapan Haji Tahun 2022 di aula Kankemenag Kota Cirebon (13/6).

Dokter yang merupakan tim medis jemaah haji Kota Cirebon juga menyebutkan bahwa penting bagi Jemaah haji untuk mengenakan kaus kaki ketika hendak menginjak lantai suatu gedung atau masjid. Lantai yang terus menerus terpapar terik matahari bisa menyimpan panas yang dapat melukai telapak kaki.

Hal yang tak kalah penting, jemaah haji perlu untuk minum air dua jam sekali.

“Jangan tunggu haus. Panas yang terik sementara kelembabannya rendah, kita mungkin tidak berkeringat. Jadi merasa kita baik-baik saja, nggak ada keringatnya, jadi nggak ada air yang keluar. Padahal airnya tetap menguap. Kita tiba-tiba pingsan, kejang, atau pusing. Jadi sebaiknya minum air putih setiap dua jam,” pesannya.

Untuk mengetahui apakah asupan cairan di tubuh kita sudah mencukupi atau belum, dokter yang bertugas di Puskesmas Kesambi itu memberi tips untuk memperhatikan air seni.

“Ketika buang ari kecil perhatikan apakah airnya berwarna bening atau kuning terang. Itu cara paling gampang untuk mengetahui asupan carian kita sudah mencukupi,” pungkasnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah

Editor : Tri Budiono 


Dibaca: 22 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter