Wahid Ali : MTsN 3 Kota Bekasi Tahun ini Terima 10 Kelas

Wahid Ali : MTsN 3 Kota Bekasi Tahun ini Terima 10 Kelas

Mustika Jaya (INMAS Kota Bekasi)

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Bekasi mengungkapkan tahun ajaran 2019/2020 MTsN 3 Kota Bekasi telah menerima siswa baru sebanyak 320 siswa untuk 10 kelas, artinya masing-masing kelas hanya berisi sebanyak 32 siswa.

“Sesuai Juknisnya nomor 631 Tahun 2019 per kelas itu harus berjumlah 32 siswa, tidak lebih,” ungkap Wahid ketika ditemui INMAS Kota Bekasi disela–sela pelaksanaan UNBK, Rabu (24/4) di MTsN 3 Kota Bekasi, Mustika Jaya.

Selain disesuaikan dengan juknisnya, wahid Ali mengatakan pembatasan ini juga untuk menambah kualitas proses belajar mengajar di MTsN 3 agar lebih efektif dan efisien. Dengan jumlah yang tidak terlampau banyak, siswa akan lebih mudah mencerna dan menerima pelajaran yang diberikan kepadanya.

“Jadi gak menumpuk kelasnya, susah kalau kondisinya menumpuk untuk konsentrasi,” ujar Wahid dengan gaya santai dan jenaka.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Kepala Tata Usaha MTsN 3 Kota Bekasi, Endang Wurdiyanti mengatakan penerimaan murid baru hanya berjumlah 5 kelas saja, yakni sebanyak 164 siswa. Peningkatan jumlah siswa di MTsN 3 Kota Bekasi tahun ini dikarenakan kelas 9 yang kini tengah melakukan UNBK berjumlah 406 siswa sebanyak 10 kelas. Sementara tahun kemarin, kelas 9 yang lulus berjumlah 5 kelas.

“Kemarin 5 kelas, tahun ini lebih banyak, kan harus sesuai dengan jumlah siswa atau kelas yang lulus dengan yang kita terima,” jelas Endang.

Perbedaannya ada pada jumlah siswa per kelas. Sebelumnya per kelas bisa lebih dari 36 siswa, namun tahun ini tidak lagi diperbolehkan.

“Makanya hanya menerima sebanyak 320 siswa dan sekarang sudah daftar ulang,” jelasnya.

Untuk pendaftar, animo masyarakat yang hendak bersekolah di MTsN 3 Kota Bekasi cukup tinggi. Sebanyak 1050 siswa mendaftar di MTsN 3. Setelah melalui proses penyaringan berkas, tersisa 940 siswa yang mengikuti test hingga tersisa 320.

“Sekarang semua proses sudah selaesai, mereka sudah melakukan daftar ulang, proses pendaftarannya pun sudah dilakukan sejak tanggal 20 Maret kemarin,” tutupnya.

 

Kontributor : Evi Agustin


Dibaca: 2.336 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter