Via Daring, KSM Jabar Resmi Dibuka

Via Daring, KSM Jabar Resmi Dibuka

Jl. Jend. Sudirman (HUMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

"Menjadi pemenang memang tujuan dari sebuah kompetisi, tetapi tujuan lainnya yang lebih berarti yaitu bahwa ajang KSM ini dapat memicu semangat para siswa-siswi madrasah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya dibidang sains," demikian arahan dan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, menjelang membuka secara resmi KSM Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, Sabtu (18/9), via daring.

Adib juga menyampaikan bahwa indikator  kemajuan sains dan teknologi menentukan kualitas suatu bangsa, maka dari itu anak didik madrasah wajib untuk menguasainya.

Tetapi jangan dilupakan juga, lanjutnya, kemajuan sains dan teknologi harus sejalan dengan penguatan iman dan takwa. "Hal ini agar sains dan teknologi  tersebut sejalan dengan nilai-nilai ke-Islaman," katanya.

"Sesuai dengan sejarah yang kita pelajari juga bahwa banyak dari para ilmuwan sains dan teknologi berasal dari tokoh-tokoh umat Islam sehingga bisa dikatakan Islam dan sains tidak dapat dipisahkan," ujar Adib.

"Saya yakin siswa-siswi madrasah yang telah dipercaya untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi Jawa Barat ini merupakan anak-anak terpilih dan berprestasi. Semoga dapat meraih hasil terbaik dari usaha maksimal," ungkap Adib yang langsung membuka KSM secara resmi.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Yusuf, mengatakan bahwa KSM Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 18 sampai dengan 20 September 2021.

"Uji coba pada tingkat nasional telah dilaksanakan karena soal-soal KSM seluruhnya diatur oleh pusat," ujar Yusuf.

Pelaksanaan KSM ini pun dilaksanakan secara daring sepenuhnya dan para peserta hanya dikirimkan link soal yang akan dikerjakan.

Kontributor: Novam Scorpiantrien 


Dibaca: 47 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter