Tingkatkan Pelayanan, Asrama Haji Bekasi Bangun Gedung Zam Zam

Tingkatkan Pelayanan, Asrama Haji Bekasi Bangun Gedung Zam Zam

Bekasi (INMAS Bidang PHU)

Akibat dari pandemi Covid-19, penyelenggaraan ibadah haji sudah 2 kali dibatalkan pemberangkatannya, akan tetapi hal ini tidak menyurutkan langkah Kementerian Agama untuk berupaya meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji. Begitu juga dengan Asrama Haji Bekasi yang sedang memperbaharui fasilitasnya dengan membangun gedung baru dan diberi nama Gedung Zam Zam.

Pada penyelenggaraan Groundbreaking Ceremony Gedung Zam Zam, Plt Kepala UPT Asrama Haji Bekasi, Kania Budhi Utami, mengatakan bahwa pembangunan Gedung Zam Zam ini di peruntukkan bagi pembenahan fasilitas yang sudah tidak representatif lagi. 

"Pembangunan Gedung Zam zam ini difungsikan untuk empat ruang utama, yaitu Poliklinik, Dapur, Laundry, dan Gudang X-Ray. Manfaat lainnya dari gedung ini adalah untuk manfaat sosial yang diharapkan mampu mendongkrak PNBP Asrama Haji," jelas Kania.

Penamaan Gedung Zam Zam, lanjutnya, terinspirasi dari air Zam Zam dan merupakan hasil berdiskusi bersama. "Dengan dinamakan Zam Zam diharapkan akan selalu diingat oleh jemaah haji dan memberikan kesejukan sebagaimana halnya air Zam Zam," ujarnya.

Pada akhir laporannya, Kania berharap dengan dibangunnya Gedung Zam Zam ini maka fasilitas Asrama Haji Bekasi semakin memadai dan kerja sama dengan berbagai pihak terutama Kanwil Kemenag Jawa Barat akan semakin erat dan terjaga. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, yang berkesempatan hadir menjadi tamu undangan, pada sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada UPT Asrama Haji Bekasi yang sedang membangun Gedung Zam Zam sebagai peningkatan fasilitas pelayanan ibadah haji.

Adib yang didampingi oleh Kepala Bidang PHU, Ahmad Handiman Romdony, mengatakan, "Dengan penambahan dan perbaikan fasilitas ini maka Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Indramayu dapat saling melengkapi dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji."

Ia berharap pembangunan Gedung Zam Zam diberikan kelancaran dan dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

Masih pada kesempatan yang sama, Adib, juga melaporkan perkembangan pembangunan Asrama Haji Indramayu yang saat ini sedang membangun masjid dan tower yang pendanaannya berasal dari hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Prof. Nizar, Sekjen Kemenag RI, mengaku bangga terhadap perkembangan Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Indramayu. Ia memastikan bahwa hanya Provinsi Jawa Barat yang memiliki 2 asrama haji. 

"Tentunya hal ini juga dilihat dari segi kuantitas jemaah haji Jawa Barat yang sangat banyak sehingga dengan adanya 2 Asrama haji ini mampu meningkatkan pelayanan ibadah haji. Maka dari itu fasilitas yang disediakan pun harus seimbang antara Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Indramayu," terang Nizar.

Nizar menegaskan bahwa  pembangunan gedung Zamzam dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna.

"Seperti halnya, setelah pembangunan poliklinik, pihak-pihak terkait segera mengusulkan anjab terkait tenaga teknis untuk operasional poliklinik seperti perawat, dokter dan lainnya, sehingga pemanfaatan gedung yang direncanakan sangat baik ini dapat berfungsi dengan baik pula," sambungnya.

Lebih lanjut, Nizar, mengutarakan sudah saatnya peningkatan fasilitas ini dilengkapi dengan sarana prasarana untuk masyarakat difabel. "Asrama Haji dengan konsep ramah difabel tentunya akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat khususnya jemaah haji. Apabila masyarakat difabel saja sudah merasa nyaman maka dapat dipastikan masyarakat pada umumnya juga akan merasa nyaman," ungkap Nizar.

Gedung Zamzam dibangun dengan dana sebesar 25,5 miliar, bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2021. Total luas Gedung Zam Zam yang akan dibangun ini adalah 3.514 m2  yang terdiri dari 2 lantai. Hadir pada kegiatan groundbreaking tersebut yaitu Plt Dirjen PHU Kemenag RI, Khoirizi, beserta jajarannya.

Kontributor: Novam Scorpiantrien 


Dibaca: 76 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter