Tingkatkan Mutu Pelayanan Nikah, Kemenag Cianjur Selenggarakan Bimtek Operator SIMKAH Berbasis Web

Tingkatkan Mutu Pelayanan Nikah, Kemenag Cianjur Selenggarakan Bimtek Operator SIMKAH Berbasis Web

Jl. Ir. H. Juanda (INMAS Kabupaten Cianjur)

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur melalui Seksi Bimas Islam terus melakukan upaya peningkatan kompetensi di bidang layanan KUA Kecamatan, khususnya layanan nikah yang diselenggarakan oleh KUA Kecamatan se-Kabupaten Cianjur. Seperti hari ini, Selasa, 15 September 2020, bertempat di Hotel Bydiel Cianjur, 35 operator KUA Kecamatan se-Kabupaten Cianjur mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Berbasis Web.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur, Pardi Suhardian, sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek ini, karena SIMKAH web ini merupakan program unggulan Kementerian Agama RI yang diterapkan di tingkat KUA Kecamatan. Selain itu SIMKAH ini merupakan salah satu aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data pencatatan nikah, dan sudah terintegrasi dengan SIAK (Sistem Administrasi Kependudukan) yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Tidak ada SIMKAH dekstop, semua KUA Kecamatan se-Cianjur wajib memakai SIMKAH berbasis web,” tegas Pardi. “Operator KUA Kecamatan harus mampu mengaplikasikan SIMKAH berbasis web ini dengan baik, karena SIMKAH web ini bisa diakses oleh masyarakat dan kedepannya data SIMKAH ini akan dijadikan bahan untuk pembayaran PNBP (jasa profesi dan transport Penghulu),” tambahnya.

“Operator KUA Kecamatan dalam mengaplikasikan SIMKAH berbasis web ini tentunya ada SOP atau ada pedomannya, maka dari itu, sebagai bentuk tanggung jawab pekerjaan tetap harus berkoordinasi, dan atas perintah Kepala KUA Kecamatan,” tutur Pardi.

Terpisah, Ketua Panitia, Wasilah, menyampaikan laporan kegiatan bahwa kegiatan Bimtek SIMKAH ini atas dasar pelaksanaan DIPA Ditjen Bimas Tahun Anggaran 2020 dan Keputusan Menteri Agama Nomor 892 Tahun 2019 tentang Sistem Manajemen Nikah Berbasis Web dan untuk pelaksanaannya dilaksanakan selama satu hari serta memberlakukan protokol kesehatan.

“Tujuan kegiatan ini diselenggarakan agar pengelola/operator SIMKAH KUA Kecamatan di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur memiliki kompetensi yang memadai untuk mengoperasikan aplikasi SIMKAH berbasis web,” tutur Wasilah.

“Selain itu, kegiatan Bimtek SIMKAH ini diharapkan data nikah di KUA Kecamatan bisa terus update secara akurat dan bisa diakses oleh masyarakat,” imbuhnya.

Untuk narasumber kegiatan terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, JFU pada Bidang Urais Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur.


Kontributor : Sumarna

Editor : Nunik


Dibaca: 9 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter