Tingkatkan Mutu Guru, PD IGRA Kab. Sumedang Gelar Pelatihan

Tingkatkan Mutu Guru, PD IGRA Kab. Sumedang Gelar Pelatihan

Sumedang (HUMAS Kab. Sumedang)

Dalam rangka jelang peringatan Milad Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) ke-19, Pengurus Daerah (PD) IGRA Kab. Sumedang gelar rangkaian kegiatan pada bulan Oktober ini, salah satunya adalah program peningkatan mutu guru RA dengan menyelenggarakan Pelatihan Origami bekerjasama dengan Torto Stationary.

Kegiatan yang mengusung tema “Guru Hebat, Guru Cerdas, Guru Juara Kreatifitas Tanpa Batas” ini, dilaksanakan di aula Sekretariat Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD IGRA) Kab. Sumedang, diikuti oleh seluruh anggota IGRA lingkup Kab. Sumedang.

Pada acara pembukaan, Jum’at (08/10), Ketua PD IGRA Kab. Sumedang, Nanin Apriani, M.Pd.I, mengatakan bahwa peningkatan mutu guru RA sudah menjadi program kerja mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru RA sebagai pendidik.

“Seharusnya program ini sudah dapat kami laksanakan di tahun 2019 secara tatap muka, namun karena adanya pandemi, jadi baru dapat terlaksana pada tahun ini, ” ungkapnya.

Dikarenakan keharusan menjaga protokol kesehatan yang ketat, Nanin mengatakan, tahun 2021 ini, PD IGRA Kab. Sumedang menyelenggarakan program kegiatan dengan waktu pelaksanaan selama 5 hari, dengan jumlah peserta 42 guru di setiap pertemuannya.

Pada waktu yang sama, Ia pun menjelaskan tentang pemilihan jenis kegiatan pada tahun ini,

“Kenapa dipilih pelatihan melipat/origami?, karena merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan pada anak, untuk membantu pengembangan motoriknya pada usia golden age dari 0-6 tahun, dimana mereka harus mengikuti perkembangan motorik secara tuntas. Dan itu merupakan tugas guru yang langsung bersentuhan dengan anak didik,” ujarnya.

Disamping itu, lanjutnya, pengembangan motorik pada anak ini akan mendukung pada perkembangan yang lainnya, dari motorik akan bisa menulis, dari motorik akan bisa berkembang bahasanya, dari motorik akan bisa mendukung perkembangan maksimal fisik motoriknya.

Terakhir dirinya berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan kesungguhan dan sampai tuntas, karena selepas kegiatan ini, rangkaian jelang milad IGRA akan dilanjutkan dengan karnaval melipat kertas untuk anak didik RA lingkup Kab. Sumedang secara daring dengan didampingi guru pembimbingnya.


kontributor : EM/HB


Dibaca: 29 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter