Tetap Harmonis di Tengah Pandemi (Bagian 1)

Tetap Harmonis di Tengah Pandemi (Bagian 1)

Tetap Harmonis di Tengah Pandemi

Hampir satu tahun pandemi Covid-19 berlangsung. Banyak orang mengira jika Desember 2020 pandemi akan berakhir dan tahun 2021 kondisi akan kembali normal. Tapi Qodarullah, awal tahun ini hampir seluruh dunia masih harus berjuang melawan serangan dari virus yang tidak terlihat ini, bahkan dengan kondisi yang semakin memburuk di beberapa negara. Di Indonesia sendiri, jumlah penambahan kasus aktif beberapa hari terakhir menyentuh angka lebih dari delapan ribu, dengan banyak sekali cluster keluarga.

Kondisi pandemi yang belum membaik, jelas memaksa pemerintah untuk tetap memberlakukan pembatasan sosial, bahkan untuk perkantoran di Jakarta, pemerintah menetapkan maksimal 25% WFO dan sisanya 75% WFH. Hal ini berarti, bagi pasangan suami istri waktu kebersamaan di rumah ternyata masih diperpanjang. Apakah ini hal baik ataukah hal buruk?

Sepuluh bulan terakhir mungkin telah mengajarkan banyak hal bagi semua pasangan suami istri tentang menyikapi kondisi ini, banyak hal yang berubah, banyak kebiasaan yang berubah. Jika dalam kondisi normal, intensitas bertemu dan berbincang mungkin hanya 2-3 jam saja dari total waktu di pagi dan malam hari, karena pasangan sudah terburu-buru untuk berangkat kerja saat pagi, dan sudah terlalu lelah ketika sore atau malam saat pulang kerja, sehingga sedikit sekali waktu untuk sekedar berbincang.  Namun dengan kondisi ini, bisa jadi sampai 10 jam bahkan lebih waktu tersedia untuk bertemu dan berbincang antar suami istri.

Apabila pasangan suami istri tidak cukup kreatif dengan banyaknya keluangan tersebut serta tidak pandai menyiasatinya, tentu akan menimbulkan banyak kebosanan, hubungan yang makin hambar bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi banyak pertengkaran. Bagaimana menyiasati agar hubungan suami istri tetap harmonis saat pandemi, berikut ada beberapa tips n trik bagi suami dan istri yang bisa sahabat semua praktikan.

A. Bagi Istri

1. Tetap Cantik dan Fresh saat di rumah. Walau di rumah, usahakan penampilan tetap fresh, mandi setiap hari dan berpakaian  rapi dan wangi. Hal ini bukan berarti ga boleh pakai baju kebangsaan emak-emak alias daster, boleh, tapi kalau bisa jangan tiap hari. Biar pemandangan suami saat melihat istrinya ga bosan dan tetap menarik.

2. Aturlah menu makanan. Siapkan menu-menu kesukaan suami atau sekali-kali tanyakan pada suami menu apa yang diinginkan. Tingkatkan kemampuan memasak, ga usah khawatir, sekarang sangat mudah untuk memasak, tinggal ikuti langkah-langkah yang ada di resep online seperti youtube, dengan begitu menu andalan nan lezzatos akan terhidang di meja makan. Percaya deh, suami akan makin jatuh cinta jika lidahnya dimanjakan.

3. Gunakan waktu pagi sebelum mulai WFH dan sore hari setelah WFH untuk duduk santai sambil menikmati teh hangat dan aneka cemilan ringan. Ngobrol ngalor ngidul dan cekakak cekikik sama suami. Ga usah jaim, gunakan waktu ini untuk mengeluarkan 20 ribu kata katanya emak untuk menjaga kewarasan. Cemilannya tentu lebih menarik jika buat sendiri, sekalian mengasah kreatifitas par istri. Budgetnya dari mana? Sahabat bisa menyisati dari anggaran ongkos kerja yang tidak terpakai untuk disulap menjadi makanan.

B.  Bagi Suami

1. Membantu Pekerjaan Istri. Jika banyak waktu luang, jangan habiskan hanya untuk medsos atau game online, sekali-kali luangkan waktu untuk membantu pekerjaan istri, mencuci piring kotor, membantu masak di dapur atau menjemur pakaian. Dijamin istri akan makin sayang sama suami dan servis nya akan makin memuaskan.

2. Siap Menjadi Pendengar. Siapkan hati yang lapang dan telinga untuk mendengarkan segala curhatan atau keluh kesahnya istri. Karena kan makin banyak waktu bersama sama istri, jangan pernah merasa bosan atau kesel dengan omelan istri. Cukup katakan "ooh" atau "ya", dijamin istri akan senang dan senyum-senyum.

3. Adanya Hobi Bersama. Sepakati dan buat hobi bersama antara suami dan istri, misal olahraga bareng, berkebun bareng, atau hobi lainnya yang disepakati bersama . Bisa jadi hobi baru, atau menularkan kepada pasangan hobi yang sudah dijalani. Dengan menjalani bersama maka hobi akan terasa makin menyenangkan.

Dari beberapa tips n trik untuk menjaga keharmonisan bagi suami istri di atas, pada intinya adalah saling memenuhi kebutuhan masing-masing pasangan baik kebutuhan lahir ataupun batin. Tingkatkan pula kebersamaan secara spiritual dalam melaksanakan ibadah seperti mengaji atau tahajud bersama. Jangan lupa selalu saling mendoakan dan meminta kepada Sang Pemilik Hati untuk selalu meneguhkan ikatan cinta pada pasangannya.

Lia Dahliantini, S.T., M.Si

Staf PD Pontren Kemenag Kota Bogor






Dibaca: 36 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter