Temui Kakanwil, Pansus IV DPRD Majalengka Tanyakan Rancangan Perda Pontren

Temui Kakanwil, Pansus IV DPRD Majalengka Tanyakan Rancangan Perda Pontren

 Jl. H. Alpi (HUMAS Bidang PD Pontren)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, didampingi Kepala Bidang PD Pontren, Abdurahim, beserta jajarannya menyambut langsung kedatangan Ketua DPRD Kab. Majalengka dan Ketua Pansus IV Majalengka beserta rombongan, Selasa (12/10), di Aula MAN 1 Kota Bandung.

Pada pertemuan ini, Ketua Pansus IV DPRD Majalengka, Aop Ropiki Iskandar, ingin membahas rancangan Perda Pondok Pesantren yang akan diterapkan di Kab. Majalengka.

"Sesuai dengan Perda Jawa Barat mengenai pendidikan Pondok Pesantren, maka kami dari Majalengka ingin membuat Perda yang merupakan turunan dari Perda Pondok Pesantren Jawa Barat," ujar Aop Ropiki.

Ia meyakini bahwa ini merupakan upaya pemerintah Kab. Majalengka untuk mendukung perda tersebut dan memberikan perhatian terhadap pendidikan pondok pesantren.

Kakanwil pun menyambut hangat keinginan para tamu tersebut dan sebagai tuan rumah, Adib, langsung menjelaskan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi pertama yang langsung bergerak untuk menindaklanjuti Undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pondok pesantren.

"Kita ketahui bersama bahwa Jawa Barat memiliki pondok pesantren yang berjumlah sekitar 15000an, dengan adanya Perda Pondok Pesantren ini maka pendidikan pondok pesantren disetarakan dengan pendidikan umum," ujar Adib.

Dengan adanya Perda Pondok Pesantren ini juga, lanjutnya, dapat membuat ribuan sekolah keagamaan berbasis pondok di Jabar bisa didukung dan dibantu secara resmi sehingga visi Jabar Juara Lahir Batin bisa terwujud tanpa diskriminasi.

Adib mengatakan, "Pemerintah Jawa Barat berkolaborasi dengan Kementerian Agama sudah banyak melakukan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pondok pesantren, salah satunya yaitu One Product One Pesantren (OPOP), Ulama for English, dan banyak lagi yang lainnya."

Maka dari itu, Adib berharap dengan adanya Perda Pondok Pesantren maka pondok pesantren di Jawa Barat harus bisa mengembangkan potensinya sehingga bisa lebih mandiri.

"Saya yakin akan banyak santri-santri yang sukses membangun negeri baik secara intelektual dan spiritual," pungkas Adib.

Pertemuan ini pun diisi dengan sesi diskusi antar 11 anggota Pansus IV DPRD Majalengka dengan Kepala Bidang PD Pontren.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 20 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter