Talitha, Siswi MAN 3 Cirebon Bertanding pada 10 Besar Lomba Essay Nasional

Talitha, Siswi MAN 3 Cirebon Bertanding pada 10 Besar Lomba Essay Nasional

Buntet (Humas - Kab. Cirebon)

Essay “Penetrasi Budaya atau Meminimalisir Budaya Asing”  telah menghantarkan Talitha Nabilah Febriana,  siswi Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon, masuk pada peringkat 10 besar Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan oleh Bidang Aksi Sosial Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Ajang penulisan essay taraf nasional yang bertemakan “Pelestarian Cagar Budaya dan Warisan Budaya di Lingkungan Sekitar Berbasis Partisipasi Masyarakat”, dibagi ke dalam tiga sub tema yaitu Arkeologi/Sejarah/ Pariwisata, Budaya/ Bahasa/ Sastra dan Lingkungan. Kompetisi yang diperuntukkan bagi siswa-siswa SMA/MA/SMK/MAK sederajat tersebut dimulai dengan pendaftaran pada 1 September 2021 dengan batas akhir pengumpulan bahan pada 3 Oktober 2021.

Judul essay “Penetrasi Budaya atau Meminimalisir Budaya Asing” diangkat Talitha untuk membahas tentang upaya meminimalisir dampak perkembangan zaman melalui pembangunan jati diri dengan cara edukasi budaya lokal sejak dini, sebagai langkah mempertahankan dan memperkokoh jati diri bangsa Indonesia pada era globalisasi.

Bukan tanpa alasan Talitha mengambil judul tersebut.  Menurutnya banyak pengaruh budaya asing yang semakin mengikis eksistensi budaya lokal, khususnya di kalangan pemuda. Inilah yang menjadi salah satu perhatiannya mengangkat tema tersebut.

Ia memandang mencegah arus globalisasi adalah hal yang mustahil, karena akan mempengaruhi perkembangan pengetahuan bangsa Indonesia. Sehingga, salah satu langkah efektif yang dapat dilakukan adalah dengan meminimalisir, bukan dengan melarang atau mencegah.

Faishal, guru mata pelajaran Sejarah Indonesia MAN 3 Cirebon, yang mendampingi Talitha selama dua minggu untuk persiapan menuju lomba, mengungkapkan kebanggaan sekaligus harapannya kepada Talitha dan siswa-siswi lainnya.

“Saya sangat berharap Talitha dan siswa-siswi lainnya tetap mau dan semangat untuk belajar, menggali potensi diri dan berkarya dengan tetap memegang erat jati diri sebagai bangsa Indonesia,” demikian ujarnya.

Apresiasipun disampaikan oleh H. Imron Rosyadi, Kepala MAN 3 Cirebon, atas raihan prestasi salah satu peserta didik pada madrasah yang dipimpinnya.

“Pertama, saya ucapkan selamat untuk ananda Talitha yang sudah berhasil menorehkan prestasi pada kompetisi tingkat nasional. Selanjutnya, saya juga ingin berterimakasih kepada guru pembimbing yang sudah bersama-sama dengan Talitha bekerja keras hingga membuahkan hasil yang baik ini. Kemudian saya juga mengajak seluruh siswa madrasah di manapun berada untuk terus semangat belajar, mengasah potensi, serta selalu percaya pada kemampuan diri. Kita tunjukkan bahwa Madrasah benar-benar mandiri dan berprestasi,” pungkasnya.

Kontributor     : Eky W Pramesti

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 74 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter