Sukseskan Program Bimbingan Pra-Nikah, Kemenag Gandeng Pesantren dan BKKBN

Sukseskan Program Bimbingan Pra-Nikah, Kemenag Gandeng Pesantren dan BKKBN

Awipari (INMAS Kota Tasikmalaya) Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Kota Tasikmalaya H. Danial Abdul Kholik  sampaikan laporan dalam kegiatan  Bimbingan Pra nikah Remaja Usia Sekolah, Selasa (8/6) bertempat di Komplek Pesantren Bahrul Ulum Kh. Bustomi Awipari, Cibeureum.

Disampaikan Kasi Bimas, Bimbingan Perkawina Pra Nikah Remaja Usia Sekolah adalah salah satu program Kementerian Agama  yang ada di Bimas Islam sebagai  bagian dari keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat untuk memberikan pembelajaran, pembekalan untuk persiapan menuju jenjang pernikahan.

“Jangan sampai masyarakat dalam hal ini adalah remaja yang masih dala usia sekolah melaksanakan pernikahan di luar ketentuan yang sudah digariskan oleh pemerintah” imbuhnya.

Dihadapan 30 orang peserta ia tegaskan upaya pemerintah memberikan pembekalan mengenai persiapan menuju pernikahan bukan hanya melalui kegiatan ini namun juga menggandeng pihak sekolah / madrasah. Ketika masuk usia remaja siswa diperkenalkan mengenai materi terkait perkawinan atau pengetahuan seksiologi.  

“ Mereka mendapat perkenalan supaya nanti mengarahkan perkawinan yang sesuai dengan tuntunan agama dan pemerintah untuk mencapai keluarga yang sakinah mawaddah warrohmah”, sambungnya.

Narasumber akan sampaikan pengenalan kaitan pernikahan fiqhul munakahat dri sisi makna, persyaratan aturan – aturan pernikahan baik secara syar’i ataupun aturan perundang – undangan. Kedua adalah materi dari BKKBN berkaitan dengan  pendewasaan usia pernikahan (PUP). Akan dijelaskan secara rinci bagaimana dalam usia remaja kondisi fisik dan mental apakah sudah masuk ke usia ideal untuk menikah atau belum, bagaimana dampak menikah di usia belum ideal dan sebagainya.

“Kita bersinergi  dari sisi syariat juga dari sisi peraturan pemerintah yaitu UU no 1 tahun 1974 tentang perkawinan, UU no 16 tahun 2019 tentang usia nikah juga tambahan materi pendewasaan usia perkawinan”, jelas H. Danial.

Kontributor : Yeni Rohayati



Dibaca: 12 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter