Sosialisasi SE Menag Nomor 15, Ini Penerapannya di Jawa Barat

Sosialisasi SE Menag Nomor 15, Ini Penerapannya di Jawa Barat

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Urais dan Binsyar)

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama nomor 15 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, langsung berkoordinasi dan memerintahkan ASN Kementerian Agama untuk mensosialisasikan surat edaran tersebut.

Ditemui di Ruang Kerjanya, Adib, menjelaskan bahwa diterbitkannya surat edaran nomor 15 tahun 2021 tersebut adalah untuk menekan peningkatan penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang tinggi.

"Tentunya, Menteri Agama menerbitkan surat edaran ini tujuannya baik untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan demi keselamatan umat juga. Maka dari itu, saya mengimbau semua pihak  untuk mematuhi surat edaran tersebut," ujar Adib, Jumat (25/6).

Kembali Ia menjelaskan bahwa pada surat edaran tersebut mengatur mengenai pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban.

“Pada surat edaran tersebut ditegaskan bahwa wilayah dengan status zona merah dan orange ditiadakan sedangkan untuk zona hijau diperbolehkan, namun tetap harus ada surat rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 pada domisilinya dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk pemotongan hewan kurban dilakukan secara tertutup dan dilaksanakan pada Hari Tasyrik yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah.

“Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R), apabila terjadi keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R maka dapat dilakukan di luar rumah pemptngan hewan dengan mematuhi protokol kesehatan. Pemotongan pun hanya dilakukan petugas dan disaksikan langsung oleh orang yang berkurban,” jelas Adib.

Selain itu juga, Adib, menginformasikan bahwa untuk pendistribusian daging kurban dilakukan secara door to door langsung ke rumah warga yang sudah terdata sehingga masyarakat tidak perlu datang berkerumun untuk mengambil daging kurban.  

Adib mengatakan bahwa saat ini Kementerian Agama sedang melakukan berbagai pendekatan untuk mensosialisasikan surat edaran Menteri Agama no. 15 tentang penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan Qurban Tahun 1442H/2021M.

“Kita melakukan dialog dengan para pengurus masjid dan tokoh agama serta berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan instansi lainnya yang terkait. Para penyuluh agama juga harus bergerak memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Adib.

Mengakhiri keterangannya, Adib, berharap dengan adanya SE n. 15 ini tidak mengurangi kekhidmatan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha karena menjaga diri dari penyebaran Covid-19 merupakan bagian dari ibadah.

Kontributor: Novam Scorpiantrien 


Dibaca: 82 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter