Sosialisasi Produk Halal, Harapkan UMKM Kota Tasikmalaya Kantongi Sertifikat Halal

Sosialisasi Produk Halal, Harapkan UMKM Kota Tasikmalaya Kantongi Sertifikat Halal

Jl. Letjen Mashudi (INMAS KOTA TASIKMALAYA) Penyelenggara Zakat Wakaf menyelenggarakan Sosialisasi Program Penyelenggaraan Kalibrasi Arah Kiblat dan Jaminan Produk Halal pada Kamis (14/10) di RM Sambel Hejo Al Amin.

Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf H. Ujang Muslihat, S.T., M.Pd menyampaikan dalam laporannya Sosialisasi dihadiri oleh 82 peserta dari unsur para pelaku UMKM dan para Penyuluh Agama Islam. Narasumber dalam kegiatan ini adalah dari Kepala LOKA POM Kota Tasikmalaya dan BPJPH dari Kanwil Kemenag Jawa Barat.

“Penyelenggaran kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan serta membangun mindset pentingnya sertifikasi halal dan arah kiblat,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang masuk ke Kementerian Agama Kota Tasikmalaya melalui  Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), yang sudah berkonsultasi mengenai jaminan Produk Halal dari 2019 s/d 2021 baru 40 pelaku usaha. Lebih lanjut, saat ini Masjid yang sudah memiliki Sertifikasi arah kiblat di Kota Tasikmalaya hanya mencapai 70 masjid.

Dalam UU, BPJPH resmi ada pada Kamis, 17 Oktober 2019. Ini sesuai pasal 67 dari Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang JPH yang menyebutkan aturan harus berlaku lima tahun setelah UU ini disahkan.

“BPJPH merupakan badan di bawah Kementerian Agama yang nantinya mengambil kewenangan MUI dalam pengujian dan sertifikasi halal suatu produk. Sementara, MUI berperan menetapkan kehalalan produk lewat Sidang Fatwa Halal, sehingga proses tak lagi satu atap,” ungkapnya.

Tahun 2021, Kementerian Agama meluncurkan Program Sertfikasi Halal Gratis (SEHATI) sebagai fasilitasi  ini diberikan secara khusus bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

"Program Sehati adalah UMK dengan produk yang terkategori dikenai kewajiban bersertifikat halal sebagaimana diatur dalam Pasal 1 Undang-undang No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal," tutur Ujang.

Kontributor : Shinta Wulan Anggraeni 


Dibaca: 33 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter