Sinergi, Kemenag dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, BAN PAUD dan PNF Jabar Gelar Sosialisasi Akreditasi

Sinergi, Kemenag dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, BAN PAUD dan PNF Jabar Gelar Sosialisasi Akreditasi

Jl. A. Yani (HUMAS Kota Bekasi)

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi menjadi tuan rumah kegiatan Sosialisasi Akreditasi PAUD, RA dan PKBM Tahun Anggaran 2022 pada hari Rabu (25/5/2022). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan Kementerian Agama Kota Bekasi.

Kegiatan dibuka langsung oleh H. Shobirin selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Bekasi. Hadir dalam kesempatan ini Kabid PAUD Dikmas Kota Bekasi Anharudin, Kasie Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Bekasi H. Ahmad Zainal, perwakilan BAN PAUD dan PNF Jawa Barat Dr. Arlina dan Koordinator Asesor Kota Bekasi Rusilowati 

Kegiatan ini dihadiri oleh 63 lembaga yang terdiri dari PAUD, KB, TK, SPS, PKBM dan RA sebagai peserta. Dalam kegiatan yang berlangsung hingga pukul 4 sore itu, peserta mendapatkan materi Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2022, Pemutakhiran Data Dapodik, serta Sosialisasi dan Simulasi Pengisian PPA melalui aplikasi Sispena 3.1.

Saat membuka kegiatan, Shobirin mengingatkan bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci utama dari kualitas sumber daya manusia di Indonesia sehingga sudah selayaknya semua aspek terkait pendidikan harus menjadi perhatian.

“Secara ukuran sederhana yaitu sertifikasi guru, di Indonesia saat ini belum semua tersertifikasi. Namun sejauh ini juga ternyata sertifikasi guru belum diiringi dengan meningkatnya kualitas mengajar,” ujar Shobirin.

Diharapkan momentum akreditasi ini bisa menjadi penggerak para tenaga pendidik untuk mulai memerhatikan peningkatan kualitas pendidikan.

“Saya berharapnya para guru ini kalau dapat tunjangan, sisihkanlah untuk beli buku, mengikuti seminar, simposium, dan sebagainya. Jangan lupakan tujuan pemerintah memberikan tunjangan untuk guru,” kata Shobirin.

Senada dengan hal itu, Arlina juga mengingatkan bahwa peningkatan mutu pendidikan bisa dilakukan dengan berbagai hal kreatif.

“Bapak dan Ibu jangan pernah takut pada akreditasi. Justru ini akan membantu Bapak dan Ibu untuk lebih baik lagi. Ingat motto akreditasi adalah 3M yaitu Mudah, Murah dan Menyenangkan,” ujar Arlina.

Kontributor : Humas Kota Bekasi 

Editor : Tri Budiono 


Dibaca: 111 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter