Silaturahmi, Upaya Perkuat Organisasi Internal APRI Kota Tasikmalaya

Silaturahmi, Upaya Perkuat Organisasi Internal APRI Kota Tasikmalaya

Bungursari (INMAS Kota Tasik)

Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) hari ini Kamis (10/6) gelar kegiatan silaturahmi rutin bulanan sekaligus halal bihalal pasca lebaran idul fitri 1442 H, bertempat di gedung aula balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bungursari. 

Sejak pagi tampak mulai berdatangan para penghulu perwakilan dari 10 KUA di Kota Tasikmalaya, mereka tampak antusias untuk mengikuti jalannya acara. Pertemuan rutin ini menurut H. Asep Basar, salah seorang penghulu menjadi momen berharga dimana para penghulu bisa berbagi cerita dan pengalaman , sekaligus menjadi wadah mempererat silaturahmi.

Seperti halnya pertemuan sebelumnya kegiatan berlangsung secara informal, hangat dan penuh keakraban diwarnai candaan khas para penghulu. Disela perbincangan dengan rekan sesama Penghulu  Asep sampaikan kegiatan silaturahmi dilaksanakan di tempat yang berbeda, bergilir di tiap KUA untuk mendapatkan  suasana baru.

“Bulan ini giliran KUA Bungursari yang menjadi tuan rumah, alhamdulillah tempatnya sangat refresentatif dan nyaman, apalagi ini gedung baru hasil pembangunan dari dana SBSN”, jelasnya.

Meski baru saja dikukuhkan APRI selain menguatkan internal melalui kegiatan silaturahmi rutin bulanan juga terus berupaya untuk menjalin komunikasi dan bersinergi dengan berbagai pihak baik itu sesama organisasi masyarakat maupun dengan pemerintah daerah dan DPRD. Komunikasi dilaksanakan dalam bebagai kegiatan seperti audiensiatau kunjungan kerja.

“Alhamdulillah respon mitra kerja sangat baik, seperti beberapa minggu sebelumnya kami dari APRI melakukan audiensi dengan DPRD”, jelasnya.

Asep mewakili rekan penghulu lain bersyukur layaknya profesi profesi lain yang memiliki organisasi, APRI menjadi wadah peningkatan kompetensi, integritas, tempat diskusi menyelesaikan berbagai persoalan, saling mengingatkan, merajut ukhuwah, tempat update ilmu dan tentu menjadi rumah dan tempat bernaung para penghulu.

Saat melaksanakan tugas, Ia menyadari betul sebagai penghulu dituntut agar dapat memberikan  pelayanan  maksimal kepada masyarakat, pelayanan yang cepat, tepat dan bertanggung jawab, sesuai SOP. Tapi kenyataannya , berbagai di lapangan muncul, persoalan macam ragam dan penghulu harus mampu menyelesaikan itu, kadang bingung harus berdiskusi ke mana.

“Nah melalui silaturahmi yang digagas APRI ini kita bertukar pengalaman dan menjadi ajang mencari solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi”, tandasnya.

Kontributor : Yeni Rohayati


Dibaca: 28 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter