Shalat Idul Fitri 1442 H di Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon

Shalat Idul Fitri 1442 H di Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon

Jalan Kartini (INMAS Kota Cirebon)

Gema takbir dan tahmid menggema di seantero jagat raya, mengindikasikan rasa syukur kepada Allah yang maha kuasa. Tak terkecuali di Masjid Attaqwa dan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon. (12/5).

Ratusan umat muslim di Kota Cirebon melaksanakan Shalat Idul Fitri menyambut momentum perayaan besar umat Islam. Pada momen tersebut Moh Ahsan selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon berkesempatan menjadi Khatib menyampaikan Khutbah Idul Fitri 1442 H. 

Bersaman dengan hari besar umat kristiani yakni Kenaikan Isa Almasih, Khutbah kali ini mengambil tema Moderasi Beragama di Tengah Peradaban Global. Dirinya menjelaskan bahwa spirit beragama yang dibutuhkan adalah moderasi cara beragama yang mengarah pada konsep pelaksanaan washatiyat al din atau jalan tengah dalam beragama.

“Lafad Washatan mengutip dari surat Al-Baqarah ayat 143, pada ayat tersebut yang menjadi generator moderasi cara beragama merupakan posisi ideal atau baik, yakni posisi tengah, yang menjadikan manusia tidak memihak kiri dan kekanan, dapat mengantar manusia berlaku adil, sekaligus dapat menjadi teladan bagi seluruh umat,” terangnya.

Masih dalam Khutbahnya, Moh Ahsan menegaskan untuk tidak membenturkan agama dengan negara dan tidak mempertentangkan agama dengan budaya. “Keduanya bisa saling menguatkan dan saling mengisi menuju tujuan utama, yakni kesejahteraan bagi umat manusia. Model moderasi cara beragama Inilah yang diharapkan dapat diimplementasikan di seluruh penjuru tanah air dan penjuru dunia, termasuk Kota Cirebon.” harapnya

Senada dengan Moh Ahsan, Walikota Cirebon, H. Nashrudin azis mengajak agar seluruh warga untuk bersama-sama membangun ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah dan Basyariah untuk membangun kedewasaan penuh toleransi. 

“Mari saling menghormati dan menghargai antar umat beragama sehingga Kota Cirebon yang kita cintai bersama ini tetap aman kondusif dan tetap dalam lindungan Allah SWT,” pungkasnya.

Ibadah sholat Ied berlangsung khidmat, tertib dan menerapkan protokol kesehatan. 


Kontributor : Riani Kusuma Wardani



Dibaca: 14 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter