Seleksi Calon Kamad Lewati 2 Tahapan

Seleksi Calon Kamad Lewati 2 Tahapan

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

Kosongnya 13 kursi Kepala Madrasah di Jawa Barat menggegas Bidang Pendidikan Madrasah untuk melaksanakan Seleksi Calon Kepala Madrasah tingkaran Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Abudin, menjelaskan bahwa seleksi ini sesuai dengan PMA No. 58 tahun 2017 tentang Kepala Madrasah, Selasa (10/12), di Ruang Kerja Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat.

"Saat ini sudah dimulai tahapan seleksi berkas Calon Kepala Madrasah yang kami terima dari 27 kab/kota berjumlah 284 berkas. Setelah dinyatakan lulus dari pemberkasan ini, Calon Kepala Madrasah akan di tes substantif yaitu tes tulis dan wawancara," terang Abudin.

Dari keseluruhan tahapan seleksi, Pak Kabid menginformasikan akan ada 50 Calon Kepala Madrasah yang terpilih. "Hal ini sesuai dengan jumlah kekosongan saat ini yaitu Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kursi, Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 kursi, dan Madrasah Aliyah Negeri  8 kursi, ditambah dengan estimasi 2 tahun kedepan kepala Madrasah yang akan pensiun," tuturnya.

Adapun persyaratan untuk dapat mendaftar sebagai Calon Kepala Madrasah ini, ia menjelaskan bahwa diutamakan guru yang pernah atau sedang menjadi Wakil Kepala Madrasah. 

"Untuk guru yang sedang menjadi Wakil Kepala Madrasah minimal menjabat 2 tahun dan persyaratan lainnya yaitu guru yang menjadi Kepala Lab atau Kepala Perpustakaan atau  Kepala Bengkel. Kualifikasi pendidikan pun yang diterima minimal S1 atau D4," tuturnya.

Abudin mengungkapkan bahwa pelaksanaan seleksi Calon Kepala Madrasah ini merupakan kerja sama antara Bidang Pendidikan Madrasah dan Bagian Tata Usaha khususnya Subbag Ortala dan Kepegawaian yang merupakan tusinya.

Kembali menginformasikan bahwa hasil dari seleksi ini akan diumumkan secara terbuka setelah tes substantif yang merupakan tes akhir. Seleksi berkas Calon Kepala Madrasah berakhir pada Hari Kamis tanggal 12 Desember 2019.

Kontributor: Novam Scorpiantrien  



Dibaca: 1.852 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter