Seksi PAIS Kota Bandung Lakukan Pendataan EMIS

Seksi PAIS Kota Bandung Lakukan Pendataan EMIS

Soekarno Hatta (INMAS Kota Bandung)“Sesuai dengan aturannya Guru PAI yang tidak melakukan pendataan EMIS maka keberadaannya tidak akan diakui secara resmi oleh Kementerian Agama RI dan tidak berhak untuk mendapatkan pelayanan apapun dari Kementerian Agama RI.” Demikian disampaikan Kakemenag kota Bandung Dr. H. Yusuf, M.Pd dalam acara pembukaan Sosilisasi EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017 yang di gelar oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kota Bandung, Rabu (20/4) di Aula Kemenag Kota Bandung. 

“Dengan sistem pendataan EMIS setiap guru PAI dan Pengawas PAI wajib melakukan pemutakhiran data pendidikan Islam TP. 2016/2017 secara benar, lengkap, akuran dan tepat waktu.” Lanjutnya. 

Hadir dalam acara pembukaan sosialisasi ini Kakemenag kota Bandung Kepala Seksi PAIS, Drs. H. Mulaip, M.Pd.I, Ketua POKJAWAS GPAI Drs. H. Bachrul Ilmy, M.Si serta para peserta yakni guru-guru PAI yang mengajar di Sekolah Umum. 

Kemudian Kakemenag mengungkapkan bahwa pelaksanaan EMIS sangat penting, melalui EMIS Kementerian Agama akan memilki data dan informasi pendidikan yang dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan baik untuk  perencanaan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan kegiatan dan penyusunan anggaran.

Selain itu EMIS dapat memperkuat kapasitas d.alam manajemen, perencanaan, dan penyebarluasan informasi pada seluruh tingkatan sistem pendidikan untuk seluruh area yang terkait dan pengambilan keputusan. 

Sementara itu Kepala Seksi PAIS, Drs. H. Mulaip, M.Pd.I dalam laporannya menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi pelaksanaan EMIS tahun kemarin, ternyata masih ada guru PAI yang belum melaksanakan EMIS dengan baik karena terdapat guru PAI yang belum dapat mengoperasikan komputer dengan lancar serta belum memahami tentang pentingnya manfaat EMIS baik untuk guru PAI itu sendiri maupun untuk Kementerian Agama.

Untuk itu, Kepala Seksi PAIS meminta kepada seluruh guru PAI se Kota Bandung untuk mengisi data EMIS dengan benar, lengkap, akuran dan tepat waktu. Pelaksanaan pengisian EMIS, lanjut Kepala Seksi PAIS dimulai sejak tanggal tanggal 20 April  2016 dan berakhir sampai dengan tangal 20 Mei 2016.

Kontributor: Agus Saparudin


Dibaca: 232 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter