Sebanyak 8 Madrasah Menerima Penghargaan Adiwiyata

Sebanyak 8 Madrasah Menerima Penghargaan Adiwiyata

Jl. Diponegoro ( Humas Bidang Pendidikan Madrasah)

Sebanyak 8 madrasah menerima penghargaan bidang lingkungan hidup Raksa Prasada tingkat Jabar tahun 2021 dari Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochammad Ridwan Kamil, S.T., M. U.D., pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Kegiatan Pemberian Penghargaan dilaksanakan secara simbolis dan virtual di Gedung Sate Jln. Diponegoro Bandung, Selasa (23/11/2021).

Penghargaan diberikan kepada individu/kelompok masyarakat,  lembaga pendidikan,  pemerintahan  dan dunia usaha yang peduli dan telah melaksanakan  aksi nyata di bidang  lingkungan hidup. 

“Kita harus terus menjaga keutuhan dari keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional. Juga untuk menumbuhkan dan mengingatkan  pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita,” kata Sekda Jabar Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M. Eng., yang mewakili Gubernur Jabar.

Dalam peringatan HCPSN tahun ini, pidada (Sonneratia alba) dan koral (Acropora suharsonoi) dipilih sebagai maskot. Sedangkan temanya, “Keanekaragaman Puspa dan Satwa: Aset Dasar Pemulihan Ekonomi Nasional”. Setiawan mengucapkan Selamat kepada para pemenang sebagai penjaga lingkungan. Diharapkan terus mempertahankan dedikasinya dan terjadi regenerasi.

Menurutnya, HCPSN bertujuan meningkatkan kepedulian, perlindungan dan pelestarian puspa serta  satwa nasional oleh segenap masyarakat. Selain itu memotovasi dan mendorong partisipasi publik dan peran aktif dari segenap pemangku kepentingan masyarakat, khususnya sekolah. Diharapkan semua pemangku kepentingan berperan aktif dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup khususnya dalam menjaga kelestarian bumi.

Pada tahun ini, terdapat 135 penerima penghargaan Raksa Prasada dari 9 katagori. Salah satunya katagori sekolah berbudaya lingkungan/Adiwiyata. Dinas Lingkungan Hidup Jabar bersinergi dengan Dinas Pendidikan, Kanwil Kemenag Jabar, dan Instansi lainnya, menyeleksi 120  sekolah usulan dari  16 kab/kota.

“Dari jumlah itu, terdapat 76 sekolah yang berhak mendapatkan penghargaan   Adiwiyata.” Ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar,  Dr. Ir.  Prima Mayaningtyas, M. Si.

 

Madrasah hebat

Katagori Adiwiyata diserahkan kepada tujuh (7) sekolah perwakilan setiap tingkat satuan pendidikan, yaitu  Sekolah Dasar Negeri 2 Kota Banjar, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)  1 Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya, SMPN 1 Tirtajaya Karawang, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1  Kabupaten Bogor, SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Kuningan, dan Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri Kadipaten Majalengka.

Sedangkan madrasah penerima penghargaan  anugerah Raksa Prasada 2021  secara keseluruhan di Jabar adalah MTsN 1 Garut,  MTs Musaddadiyah,  MA Darul Arqam Putri (Kab. Garut), MIN 1 Tasikmalaya dan  MTsN 10 Tasikmalaya (Kabupaten Tasikmalaya),  MAN 1 Kuningan, dan MAN 3 Majalengka, MTsN 1 Bogor.

Program  Adiwiyata adalah program Kementerian  Lingkungan Hidup RI  yang bertujuan untuk mewujudkan  sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan,  penilaian  dan pemberian  penghargaan Adiwiyata kepada sekolah. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Adib, M. Ag., di tempat berbeda  menyampaikan selamat kepada madrasah yang meraih Raksa Prasada tahun 2021  untuk kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata).

“Anugerah ini sangat baik dan bisa dijadikan contoh juga untuk madrasah lain, agar giat dalam merawat lingkungan baik di sekolah maupun sekitarnya. Jadikan madrasah pusat kebudayaan di masing masing daerah, agar predikat madrasah hebat kita makin nyata dan melekat,” katanya.

Kontributor :  Eva Nurwidiawati

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 99 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter