Sebanyak 776 Calon Jemaah Haji Kota Depok Akan Diberangkatkan

Sebanyak 776 Calon Jemaah Haji Kota Depok Akan Diberangkatkan

Sukmajaya (HUMAS Kota Depok)

Memasuki musim haji tahun 2022, Kantor Kementerian Agama Kota Depok melalui Seksi Penyelenggaraan Haji Dan Umroh sudah siap untuk menyelenggarakan pemberangkatan calon jemaah haji kota Depok.

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah mengumumkan, bahwa tahun 2022 Indonesia akan memberangkatkan sebanyak 100.051 jemaah dan 1.901 petugas, setelah dua tahun belakangan tidak memberangkatkan jemaah akibat adanya pandemi Covid-19.

Menurut keterangan Yuli Rahmawati, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Depok, rabu (12/5/2022), bahwa quota haji Kota Depok  untuk tahun ini adalah sebanyak 776 orang yang di perkirakan akan diberangkatkan pada tanggal 4 juni 2022 dan merupakan Kloter pertama Jawa Barat. Calon jemaah haji (Calhaj) yang akan berangkat tahun ini, merupakan calon jemaah haji yang keberangkatannya tertunda pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

Dijelaskan oleh Yuli Rahmawati, “Saat ini sejak tanggal 9-20 Mei 2022 adalah masa pelunasan bagi para calon jemaah yang akan di berangkatkan dan tahun ini agak berbeda dengan sebelumnya. Di mana sebelumnya jemaah harus datang ke bank untuk proses pelunasan maka untuk tahun ini disederhanakan. Kalau tahun sebelumnya calon jemaah yang berhak lunas harus ke bank untuk menyerahkan foto, KTP kemudian minta bukti pelunasan ke Kemenag maka tahun ini tidak lagi. Jadi cukup dari Kemenag memberikan data ke bank untuk di proses dan nanti secara otomatis masuk di Siskohat kemudian  dari Kemenag hanya tinggal meminta bukti fisik bukti setoran lunas per tahun 2022.”   

“Quota haji untuk tahun ini adalah 45,6 % jika di lihat dari jumlah total nasional 221.000 di bagi 100.051 keseluruhan jemaah yang akan diberangkatkan dan untuk kota Depok yaitu sebanyak 776 orang yang akan diberangkatkan,” ujar Yuli.

Ditambahkan oleh Yuli, hal lain yang perlu di ketahui dari sisi kesehatan, adalah jika sebelumnya vaksin itu harus sampai dengan booster maka sekarang hanya vaksin 1 dan 2 dan dari data yang ada sudah sekitar 80% calhaj Kota Depok yang sudah vaksin 1 dan 2 sedangkan untuk sisanya sekitar 100 lebih lagi masih perlu di verifikasi karena masih ada perbedaan antara NIK yang ada di perduli lindungi dengan yang ada di Siskohat.

Sementara untuk pelaksanaan manasik haji masih dalam tahap persiapan dan baru bisa di laksanakan di atas tanggal 20 setelah diketahui secara pasti data jemaah yang akan berangkat berdasarkan hasil verifikasi dari bank dan berapa yang membatalkan. Manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 6 kali, yaitu 2 kali di tingkat Kota dan 4 kali di masing-masing kecamatan yang akan dilakukan secara simultan dikarenakan waktunya yang sangat sempit antara pelaksanaan manasik dan waktu pemberangkatan. Setelah proses pelunasan selesai, barunya masuk pada tahap selanjutnya yaitu pengurusan visa, dan diupayakan 10 hari sebelum keberangkatan visa sudah beres.

Hal penting yang perlu diketahui oleh para Calhaj, yaitu: Syarat untuk batas pelunasan Bipih adalah dari tanggal 9-20 Mei 2022 , jika terlambat untuk melakukan pelunasan maka akan di tunda keberangkatannya;  Syarat utama adalah berusia di bawah 65 tahun per 30 juni 1957; vaksin 1 dan 2 itu harus/wajib karena itu yang di syaratkan oleh pemerintah Saudi;  Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) atau biaya haji reguler tahun 2022 sebesar Rp 39.886.009 per jemaah; Untuk mengetahui informasi tentang calon jemaah yang akan diberangkatkan tahun ini dapat dilihat melalui website Haji dan Umroh Kementerian Agama RI, atau melalui link: https://haji.kemenag.go.id/v4/node/966789; Bagi para Calhaj yang tidak mengambil uang pelunasan haji nya dari tahun 2020, maka tidak ada tambahan dari selisih biaya pelunasan haji tahun 2022 karena sudah diambil dari nilai manfaat dana yang ada di bank. Sedangkan bagi yang sudah diambil ongkos pelunasannya maka harus menyesuaikan biaya pelunasannya dengan selisih biaya ongkas haji yang berlaku sekarang.

Yuli Rahmawati meminta doanya agar tidak ada kendala dan semuanya bisa berjalan dengan lancar. Dan tentunya Seksi PHU terus berupaya secara maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para  calon jemaah haji. Yuli juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu menginformasikan jika ada tetangga, kerabat, saudara nya yang sudah dapat diberangkatkan agar segera memenuhi semua persyaratan untuk pemberangkatan karena waktu antara persiapan dan penyelenggaraan haji tahun ini yang sangat sempit.

Kontributor : Lan Stiawan

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 187 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter