Santri Pontren Baitussalam Kaji Kitab Tijan Darori

Santri Pontren Baitussalam Kaji Kitab Tijan Darori

Cisaat (INMAS Kab. Sukabumi)

Selepas shalat subuh sampai pada pukul 06.00 WIB dan pada sore hari ba'da ashar sampai pukul 17.00 bertempat di Masjid Jami Baitussalam diadakan pengajian santri Pontren Baitussalam.

Pondok Pesantren yang terletak di Cibilang Girang Rt. 27 Rw 06 Desa Cibatu Kec. Cisaat Kab. Sukabumi dan miliki tujuan agar santri Pondok Pesantren Baitussalam memiliki ilmu yang berkah yang bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa ini, benar-benar memanfaatkan momen Ramadhan 1439 H dengan meningkatkan frekuensi pembelajaran ilmu-ilmu agama sebelum santri tersebut kembali ke rumahnya masing-masing.

Secara umum kitab yang dikaji adalah kitab salafi sebagai dasarnya seperti kitab jurumiah, ta'lim mutaalim, safinah, tijan, tafsir dan akhlaqun banin. Sesekali santri juga dilatih dan dibiasakan untuk menampilkan diri mereka dihadapan kawan santri lainnya untuk menyalurkan minat dan bakatnya melalui kegiatan muhadharoh dan seni marawis.

Geliat pengajian pada Kamis pagi ini (22/05) sangat nampak. Sebanyak 30 orang santri mukim ditambah dengan santri yang berdomisili di luar Sukabumi yang berasal dari Tangerang, Banten, Jakarta, dan Bandung dengan bersemangat mengikuti kegiatan pengajian harian ini. Sesuai jadwal pengajian yang telah diagendakan lembaga, pagi ini kajian kitab yang akan dibahas adalah Kitab Tijan Darori yang disampaikan oleh Ustadz Iim Abdul Karim, S.Pd.I., M.Si, sekaligu sebagai Ketua Umum Yayasan Baitussalam.

Kepada kontributor INMAS Kab. Sukabumi, Iim Abdul Karim menjelaskan bahwa Kitab Tijan Darori adalah kitab kuning yang membahas tentang prinsip-prinsip atau ajaran-ajaran aqidah ahlussunnah wal jama'ah, khususnya tentang sifat-sifat Allah Swt, baik yang hukumnya wajib, mustahil, dan jaiz. “Di dalam kitab ini juga dibahas tentang sifat-sifat yang wajib, mustahil, dan jaiz bagi Rasulullah Muhammad Saw”, tuturnya. Bahkan, tambahnya “Penjelasan-pejelasan tentang aqidah ahlussunnah wal jama'ah yang diuraikan dalam kitab ini cukup simpel dan relatif mudah dipahami”.

Kontributor : Moh. Iqbal Taufiqi


Dibaca: 1.652 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter