Rapat Evaluasi Anggaran Pendidikan Madrasah Kota Bogor

Rapat Evaluasi Anggaran Pendidikan Madrasah Kota Bogor

Bogor Tengah (Humas Kota Bogor)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Ramlan Rustandi didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Dede Supriatna, membuka sekaligus memberikan arahan pada Rapat Evaluasi Anggaran Pendidikan Madrasah, Rabu (22/6/2022) di Hotel Onih Paledang Bogor Tengah Kota Bogor.

Rapat ini diikuti oleh Ketua Pelaksana, Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Bogor,  Kepala Madrasah. Aliyah Negeri 2 Kota Bogor, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Bogor, Kepala Madrasah Ibtidaiyah  Negeri Kota Bogor, Bandahara,  Ketua IGRA Kota Bogor, KKMI, KKMTs, KKMA dan Operator Madrasah.

"Atas izin Allah kita bisa berkumpul bersilaturahmi dalam agenda kegiatan rapat evaluasi pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Bogor dalam keadaan sehat walafiat dan mudah-mudahan kita senantiasa oleh Allah subhanahu wa ta'ala selalu disehatkan dimudahkan dalam segala urusan dilancarkan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing," ungkap Kakankemenag

“Saya sangat mendukung, mengapresiasi kegiatan seperti ini, ini yang saya harapkan evaluasi berkala, untuk mengantisipasi, mendeteksi secara dini dari rencana yang telah realisasikan. Apa kendala yang dihadapinya, seperti apa cara mencari solusinya, lalu kemudian nanti ending-nya, intinya pada hari ini sangat mendukung kegiatan rapat evaluasi ini, saya atas nama lembaga masih malu belum bisa memberikan sesuatu yang seimbang dengan pengorbanan yang dilakukan oleh kepala kepala madrasah, banyak hal prestasi yang telah diraih tetapi dibalik itu juga ada beberapa yang perlu kita selesaikan secara bersama-sama kemarin," tambahnya.

Menurutnya terdapat miss komunikasi, informasi dari pusat ke provinsi, provinsi kepada kabupaten kota,  kabupaten kota ke pengawas atau kepala madrasah ke operator. Terkadang dari kepala madrasah kepada operator informa sinya tidaklah singkron. Perlu adanya koordinasi dan evaluasi yang perlu ditingkatkan, sehingga inormasi dapat cepat direspon.

“Ada kesamaan pandangan, minimal Ada kesamaan persepsi sistematikanya, sama sistem pelaporan hanya volumenya aja yang berbeda untuk menyamakan persepsi itu perlu waktu, jika tidak mungkin dilaksanakan dalam satu waktu misalnya, nggak apa-apa berkelanjutan bila perlu tiap minggu bergilir tiap bulan, minimal 3 bulan sekali seperti ini” imbuhnya lagi.

Harapannya, terdapat perubahan regulasi untuk dibahas bersama sehingga  pemahamannya sama yang berkaitan dengan serapan anggaran. Target kementerian keuangan itu 50% tetapi ada perjanjian Menteri Agama dengan Menteri Keuangan melalui Fakta Integritas Menteri Agama serapannya sampai akhir bulan Juni itu 75%. Hal ini menjadi tantangan karena Januari tidak ada pencairan dan dihadapkan dengan situasi pandemi.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuat rekap evaluasi, nanti ada penyusunan untuk tahun depan, sekarang sudah bulan Juni,  kita evaluasi apa yang sudah direalisasikan, apa yang belum, ketika mendapat kendala-kendalanya, apa rekomendasinya, sekaligus buatkan rancangan rkakl untuk tahun 2023 dari mulai sekarang, susun lagi sehingga tahun 2023 itu kita sudah tahu kita akan mengerjakan apa pada tahun 2023 itu,

“Marilah kita buka bersama kegiatan rapat evaluasi pendidikan Madrasah Kementerian Agama kota Bogor dengan bersama-sama mengucapkan  Bismillah “ pungkasnya

Kontributor : Rizal Nurdin

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 22 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter