Radintap Kepala KUA Kecamatan, Kepala Kantor Ingatkan Penerapan Prokes pada Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H

Radintap Kepala KUA Kecamatan, Kepala Kantor Ingatkan Penerapan Prokes pada Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H

Karawang Barat (INMAS Kab. Karawang)

Rabu (05/05/21) bertempat di Aula Gedung PLHUT Kankemenag Kabupaten Karawang berlangsung rapat dinas tetap (Radintap) kepala KUA kecamatan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Karawang. H. Ahmad Ade selaku Plt. Kasubbag Tata Usaha menyebutkan bahwa kebijakan larangan mudik pada lebaran Idul Fitri 1442 H. Hari Selasa kemarin Kepala Kantor menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral operasi ketupat lodaya 2021 yang dipimpin Kapolres, yang akan ditindaklanjuti pada hari Kamis besok.

“Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442 H kemungkinan tidak dilaksanakan di lapangan, sehingga butuh pemetaan masjid yang akan digunakan untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442 H/2021 M,” tambahnya.

KUA kecamatan harus membantu dalam pelaksanaan program pemerintah tersebut, agar tidak terjadi cluster baru penyebaran Covid-19. Pelaksanaan sholat idul fitri di masjid harus ditata dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan jumlah jemaah sebanyak 50 persen dari kapasitas ruangan atau tempat ibadah.

Selanjutnya, Kasi PD. Pontren, H. Muh. Azizi HA, mengatakan ada 2 hal yang perlu disampaikan terkait Surat Edaran dari Kanwil dan Surat Edaran Kepala Kantor tentang pendataan Ponpes di lingkungan Kemenag Karawang. Mohon kepada Kepala KUA untuk menindaklanjutinya dengan berkoordinasi dengan penyuluh untuk mendatangi dan melakukan pendampingan ke Ponpes supaya mengisi format yang sudah terlampir agar semua lembaga Ponpes masuk aplikasi. Kasi PHU pun menjelaskan mengenai bantuan sanitasi MCK untuk lembaga Ponpes tahap pertama sudah di survey ada 14 lembaga.

Selaku Plt. Kasi PHU, Pak Azizi mengatakan belum ada informasi resmi terkait pemberangkatan haji tahun 1442 H/ 2021 M menunggu keputusan resmi dari pemerintah dan Arab Saudi. Sesuai edaran Irjen CJH harus melaksanakan vaksinasi terlebih dahulu. Didepan seluruh kepala KUA kecamatan, Kepala Kantor, H. Dadang Ramdani, memberikan arahannya, kita bisa bersilaturahmi dalam Radintap bulan Mei.

Pertama, evaluasi kondisi KUA, secara kompleksitas kita sadari dari sisi sarpras belum banyak perhatian sebagai pelaksana di daerah sama memikirkan situasi ada inisiatif dan kreatifitas membenahi kantor. Kita berharap anggaran dialokasikan untuk KUA, bisa mapping untuk pembenahan sarpras kebutuhan bisa diserap dan diberdayakan. Kedua, mengingatkan Kepala KUA senantiasa melakukan pembinaan pada pegawai di internal kantornya. Minimal memberi kenyamanan bagi siapapun orang yang datang ke KUA karena kita sebagai pelayanan publik bidang agama harus mengedepankan nilai-nilai agama.

“Hari ini birokrasi harus membangun kebersamaan, solidaritas dan etika budaya silih asah asih dan asuh. Kerja harus sesuai prosedural, profesioanal dan proporsional.” tandasnya.

Dadang pun membeberkan bahwa Menag akan memantau pelaksanaan sholat idul Fitri di masjid, dan mengimbau bisa dilaksanakan di rumah supaya mencegah kerumunan. Sesuai SE Menag kapasitas rumah ibadah yang digunakan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri hanya dibatasi 50 persen dan prokes dilaksanakan, bagi yang melebihi kapasitas bisa mencari solusi dan mengambil inisiatif mencari masjid sekitarnya atau ditambah area. Kita berharap pelaksanaan sholat Ied tidak menyebabkan penyebaran dampak pandemi baru, dan jangan sampai kegiatan keagamaan menjadi cluster baru.

Pelaksanaan sholat Ied harus berkoordinasi dengan satgas di wilayah kecamatan dan desa untuk pemetaan kalau bisa prokes minimal pakai masker dan menata jarak jemaah, sepulangnya radintap silahkan tindaklanjuti dengan penyuluh untuk pemetaan jangan sampai kerumunan dan penerapan prokes, ditindaklanjuti dan diimplementasikan.

 

Kontributor : Denden

Editor : Nunik

Dibaca: 61 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter