RA Kartika Andir Jatiwangi Manfaatkan Garasi

RA Kartika Andir Jatiwangi Manfaatkan Garasi

Andir Jatiwangi – Majalengka

Raudhatul Athfal merupakan pendidikan formal dibawah naungan Kementerian Agama yang memiliki peran strategis dalam mempersiapkan anak usia dini untuk menjadi generasi bangsa yang hebat. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional pasal 1 ayat 14 dinyatakan bahwa Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Kegiatan pembelajaran sebagai suatu proses harus berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini di Raudhatul Athfal. Pembelajaran di Raudhatul Athfal (RA) memiliki karakteristik khas. Kekhasan tersebut sesuai pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis peserta didik RA.

Diakui atau tidak, ANIMO masyarakat terhadap pendidikan Agama sangat tinggi walaupun hanya memanfaatkan tempat alakadarnya. Hal ini terbukti dengan bermunculannya RA, MD, TPATPQ di daerah daerah,  salah satunya RA KARTIKA Bungursari yang berdiri sejak tahun 1990. TPATPQ, MD sudah berdiri sejak tahun 1968, itu tandanya peran serta dan animo masyarakat terhadap pendidikan Agama sangat tinggi. Bahkan saat ini lembaga pendidikan yang dikelola yayasan KARTIKAKARENA ALLAH TI ALLAH KA ALLAH” sudah punya cabang dan membuka RA dibeberapa daerah, termasuk RA andir Jatiwangi, walaupun hanya menanfaatkan garasi. Memang luar biasa uniknya pendidikan yang satu ini. Kita patut bangga kepada stap pengajar yang betul betul sukarela, dengan hanya memakai tempat yang berukuran 12 × 3 meter dengan siswa 38 orang. Semua anak anak terlihat senang dan dukungan dari tokoh serta pemerintah setempat luar biasa.(df). 

 

Kontributor: Taupik Hidayat 


Dibaca: 56 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter