Pokjahulu Karawang Gagas Pelatihan Akad Nikah Berbahasa Asing

Pokjahulu Karawang Gagas Pelatihan Akad Nikah Berbahasa Asing

Jl. Husni Hamid - Kab. Karawang

Geliat industrialisasi di Karawang menarik minat kalangan asing untuk datang ke salah satu kota Lumbung Padi Jawa Barat ini, baik guna berinvestasi maupun bekerja di beberapa kawasan industri. Situasi ini sedikit-banyak berpotensi menaikkan tren pernikahan campuran di Karawang. 

Menurut Ketua Pokjahulu Karawang, H. Deni Firman Nurhakim, “Di satu sisi, kondisi ini menjadi tantangan tersendiri yang harus disikapi secara serius oleh para penghulu. Di sisi lain, diklat-diklat teknis yang dijalani para calon penghulu maupun penghulu belum memuat mata diklat yang secara khusus mempraktekkan prosesi akad nikah dengan bahasa asing. Sehubungan demikian, Pokjahulu sebagai organisasi profesi penghulu tergerak untuk mengisi kekosongan tersebut. Pasalnya, tidak banyak penghulu yang menguasai bahasa asing, utamanya Arab dan Inggris, dengan baik. Padahal, keterampilan berbahasa asing mutlak diperlukan penghulu saat bertugas memimpin prosesi akad nikah campuran yang catinnya tidak bisa berbahasa Indonesia”.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Sidang Pleno Rapat Kerja Pokjahulu Karawang, Rabu (24/02), di Aula Kemenag Karawang, menyepakati secara bulat program pelatihan akad nikah berbahasa asing bagi para penghulu dengan menghadirkan instruktur yang kompeten di bidang bahasa yang diperlukan.

Diharapkan, program unggulan tersebut bisa menambah rasa percaya diri para penghulu saat ditugaskan memimpin akad nikah yang salah satu atau kedua catinnya warga negara asing. 

Kontributor: H. Deni Firman Nurhakim.

 

***

 


Dibaca: 64 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter