Pimpinan Baiti Jannati Mengaku Rasul, Kakanwil Langsung Perintahkan Penyuluh agama dan KUA Lakukan Mitigasi

Pimpinan Baiti Jannati Mengaku Rasul, Kakanwil Langsung Perintahkan Penyuluh agama dan KUA Lakukan Mitigasi

Buah Batu (INMAS Bidang Urais dan Binsyar)

Menanggapi keresahan warga Kecamatan Buah Batu terhadap Pimpinan Yayasan Baiti Janati yang mengaku sebagai Rasul ke 28, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, didampingi oleh Kepala Kankemenag Kota Bandung, Teddy Ahmad Zunaedi, langsung mendatangi dan meminta keterangan dari Kepala KUA Kecamatan Buah Batu, Ayi Zaenal Mutaqin, yang ditugaskan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Jumat (25/6), di KUA Kec. Buah Batu Kota Bandung.

 Ayi menjelaskan bahwa keresahan ini berawal dari aduan masyarakat mengenai ajaran sesat yang diajarkan oleh Pimpinan Yayasan Baiti Janati, Rosyid, yang mengaku sebagai Rasul dan Nabi ke 28. 

"Karena keresahan warga setempat sudah menimbulkan konflik dan berakhir dengan kerusuhan maka pihak keamanan Polsek Buah Batu, MUI, dan tokoh masyarakat mendatangi yayasan tersebut dan berdialog dengan pihak yayasan," ujar Ayi.

Sedangkan, untuk meredam suasana yang memanas, lanjutnya, pihak kepolisian langsung mengamankan 8 pengurus Yayasan Baiti Janati di Polrestabes Kota Bandung. "Sedangkan untuk para pengikutnya yang kami data ada 140 orang, kami berikan pemahaman dan penjelasan mengenai ajaran sesat tersebut serta kami imbau untuk meninggalkan lokasi dan kembali ke daerahnya masing-masing," kata Ayi.

Ayi kembali menerangkan bahwa saat ini gedung yayasan sudah kosong, namun masih dijaga oleh pihak kepolisian agar tidak terjadi pengrusakan oleh warga setempat.

Adib yang mendengarkan keterangan dengan seksama mengapresiasi langkah yang sudah diambil oleh Kepala KUA Kecamatan Buah Batu. "Kita sebagai fasilitator memang bertugas untuk bersikap persuasif terhadap mereka yang menjadi pengikut aliran ini sedangkan bagi pelakunya yang mengaku sebagai Rasul harus kita kembalikan lagi akidahnya dengan memberikan edukasi," ujarnya.

Maka dari itu, Adib, langsung memberikan perintah kepada penyuluh agama di kecamatan setempat dan KUAuntuk melakukan mitigasi dan pembinaan kepada eks jamaah yayasan tersebut agar mereka memperoleh pencerahan dan terhindar dari penyimpangan ajaran Islam.

"Saya berharap permasalahan ini menjadi cerminan kita bersama untuk dapat bertindak cepat dan tanggap serta selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan dan tokoh masyarakat," ucap Adib.

Yayasan Baiti Janati didirikan dari tahun 2014 dan berlokasi di jl.Cijawura Hilir Rt.06/Rw.12 Kel.Cijawura Kel.Buah batu. Para pengikutnya kebanyakan berasal dari luar Kota Bandung dan tinggal di gedung yayasan tersebut. Bahkan Yayasan Baiti Janati telah memiliki Pusdiklat untuk melakukan pengkaderan. 

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 211 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter