Peringati Nuzulul Quran, Siswa dan Guru MAN 1 Pangandaran Tuntaskan Tulis Mushaf Al Quran 30 Juz Dalam 4 Jam

Peringati Nuzulul Quran, Siswa dan Guru MAN 1 Pangandaran Tuntaskan Tulis Mushaf Al Quran 30 Juz Dalam 4 Jam

Cijulang (INMAS Pangandaran)

Para guru dan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangandaran berhasil menuntaskan penulisan kembali mushaf Al Quran sebanyak 30 juz dalam waktu 4 jam.

“Ada Sebanyak 420 siswa MAN 1 Pangandaran telah menuntaskan penulisan mushaf Al Quran sebanyak 30 Juz,” ujar Kepala MAN 1 Pangandaran, H. Maman Suherman saat dikonfirmasi Humas, Kamis (04/05).

Ia mengatakan bahwa kegiatan yang bertajuk Literasi Penulisan Al Quran dilaksanakan dalam rangka memperingati Nuzulul Quran.

Tidak membutuhkan waktu lama, penulisan mushaf Al Quran kata Maman selesai dikerjakan selama 4 jam yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB s.d 12.00 WIB.

“Alhamdulillah semua diikuti serentak oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII
dan bisa selesai dalam waktu 4 Jam”, jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Pangandaran, H. Nana Supriatna mengapresiasi Gerakan Literasi Penulisan Mushaf Al Quran yang digagas MAN 1 Pangandaran, Nana menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan mulia, apalagi dilakukan di Bulan Ramadan.

“Saya sangat mengapresiasi kreativitas dan inovasi yang telah dilakukan MAN 1 Pangandaran menulis mushaf Al Quran sebanyak 30 juz yang dilakukan oleh para siswa atas pengarahan guru-gurunya,” imbuhnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh madrasah lain di Pangandaran.

“Menulis Al Quran itu sebuah kebanggaan dan pastinya bernilai ibadah. Saya pun berharap kegiatan seperti ini bisa ditiru oleh madrasah yang lainnya, sebagai upaya mengembangkan tulis menulis Arab di lingkungan madrasah,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tulisan itu kata Nana semuanya persis mirip seperti tulisan satu orang padahal ini ditulis oleh banyak siswa.

“Yang menarik hampir semua tulisannya sama dan seragam mulai dari ukurannya sampai kaidah-kaidah penulisan,” tutupnya.

Kegiatan penulisan mushaf al-qur’an
telah dilaksanakan pada Senin, 03 Mei 2021, hasil tulisan itu telah diabadikan sebagai salah satu bentuk karya dari para siswa dan guru MAN 1 Pangandaran.


Dibaca: 57 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter