Perdana, Bidang Penaiszawa Kemenag Jabar Gelar Kompetisi Film Animasi Pendek Islami

Perdana, Bidang Penaiszawa Kemenag Jabar Gelar Kompetisi Film Animasi Pendek Islami

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Penaiszawa)

Untuk memacu kreatifitas masyarakat yang positif, Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kemenag Jawa Barat menggelar Kompetisi Film Animasi Pendek Islami (Islamic Animated Short Movie Competition). Ditemui di ruang kerjanya, Kasi Pengembangan SBI, MTQ dan Al Hadist, Efendi Rahmat, yang juga sebagai Ketua Panitia Kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi dari Ditjen Bimas Islam Kemenag RI agar masyarakat juga ikut berperan serta dalam syiar Agama Islam, Rabu (30/6).

Efendi menjelaskan,"Sasaran dari kompetisi ini yang utama adalah anak-anak milenial tetapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum dengan batas usia yaitu 12 sampai 40 tahun. Sesuai dengan sasarannya tema yang diangkat yaitu Aku Milenial, Aku Sadar."

Pendaftaran kompetisi ini, lanjutnya, sudah dibuka dari mulai tanggal 1 Februari 2021 dan hari ini tanggal 30 Juni 2021 merupakan hari terakhir pendaftaran. 

"Alhamdulillah, sampai hari terakhir ini sudah banyak yang mendaftar dan video animasinya juga sangat beragam sesuai dengan pilihan sub tema yang ditentukan yaitu Milenial Sadar Halal, Milenial Sadar Gaul (No Free Sex, No Drugs), dan Milenial Sadar Ibadah (Ibadah Rasul dalam Perilaku)," katanya.

Efendi kembali menginformasikan bahwa durasi film dibatasi 4 sampai 6 menit dan harus dikemas dengan menarik, komunikatif dan inspiratif sesuai sub tema yang dipilih.

Kemudian, lanjutnya, "Setelah pendaftaran ditutup, maka para juri akan melakukan penyeleksian yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 15 sampai dengan 17 Juli 2021 dan langsung diumumkan pemenangnya serta dilakukan penyerahan hadiah." 

Tim juri berasal dari berbagai kalangan, akan menilai film berdasarkan lima kriteria penilaian yakni keaslian, kesesuaian isi dengan tema/sub tema, kekuatan pesan, kreativitas dan teknik visualisasi.

“Bagi peserta yang berhasil menduduki peringkat terbaik akan mewakili Jawa Barat pada kompetisi tingkat nasional yang memperebutkan total hadiah 100 juta rupiah,” ujarnya.

Efendi berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini akan meningkatkan rasa cinta dan bangga generasi milenial terhadap seni budaya Islam, dan menyiarkannya kepada dunia dengan cara yang kreatif dan inovatif. 

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 87 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter