Perdana, 350 Peserta Seleksi TPHD dan TKHD Gunakan CAT

Perdana, 350 Peserta Seleksi TPHD dan TKHD Gunakan CAT


Jl. Kemakmuran Bekasi (INMAS Bidang PHU)

"Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Calon TPHD dan TKHD yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk mendapatkan petugas haji yang handal dalam memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji," buka Kepala Bidang PHU, H. Ajam Mustajam dalam laporan panitia yang dibacakannya pada Kegiatan Seleksi Kompetensi Calon TPHD dan TKHD Provinsi Jawa Barat Tahun 1440H/2019M, Hari Rabu (27/3), di Asrama Haji Bekasi.

Ia pun mengungkapkan bahwa menjadi seorang petugas haji bukan hanya mengandalkan kepintaran tetapi skill dan sikap yang memadai dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji dan juga dapat berkomunikasi dengan baik.

"Seleksi kali ini akan menggunakan sistem CAT sama dengan pelaksanaan seleksi TPHI dan TPIHI dan ini adalah yang pertama kalinya karena tahun sebelumnya masih menggunakan soal ujian tertulis. Selain CAT, peserta juga akan tes Baca Tulis Al Quran dan wawancara," jelas Pak kabid.

Selain meresmikan kegiatan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori, memberikan arahan kepada para peserta mengenai pentingnya menjadi petugas haji yang handal dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.
"Menjadi petugas haji adalah sebuah amanah yang diberikan untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji khususnya jemaah haji dari Jawa Barat. Maka dari itu, Ditjen PHU mengeluarkan kebijakan bahwa TPHD dan TKHD tidak diperbolehkan pulang lebih awal dan harus selalu mendampingi jemaahnya dari awal sampai akhir di kloter yang sama," urai Pak Kanwil dengan tegas.
Pak Kanwil pun menyebutkan bahwa petugas haji merupakan duta bangsa sehingga harus dapat menampilkan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Selain itu juga Pak Kanwil menginformasikan bahwa BPIH untuk TPHD di tahun ini yaitu sebesar Rp. 69.963.504 dan apabila TPHD tersebut pernah berhaji maka dikenakan biaya visa progresif sebesar Rp. 8juta.
Dengan besaran biaya tersebut, Pak Kanwil berharap nantinya peserta seleksi yang lulus akan memegang amanah sebagai petugas haji TPHD dan TKHD yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.
Maka akhir dari arahannya, Pak Kanwil mengucapkan selamat mengikuti seleksi kompetensi ini selama 2 hari dan mendapatkan hasil terbaik.
Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 1.558 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter