Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru


Oleh Ansori, S.Ag, M.Pd

Kepala Madrasah MTsN 5 Karawang


Kepala madrasah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi madrasah, pembinaan tenaga pendidikan lainnya, pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana juga sebagai supervisor pada madrasah yang dipimpinnya. Jika dilihat dari syarat guru untuk menjadi kepala madrasah, kepala madrasah bisa dikatakan sebagai jenjang karier dari jabatan fungsional guru.


Menjadi kepala madrasah bukanlah hal yang mudah. Disatu pihak ia adalah  utusan dari pimpinan   karena ia diangkat oleh pimpinan, pada lain pihak ia adalah wakil guru-guru atau stafnya, oleh karenanya ia harus dapat mendengar aspirasi para guru. Peran utama kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan para siswa dapat belajar dengan baik.


Dalam melaksanakan peran tersebut, kepala madrasah memiliki tanggungjawab ganda yaitu melaksanakan administrasi madrasah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik, dan melaksanakan supervisi sehingga guru-guru bertambah dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan dalam membimbing pertumbuhan para siswanya


 Kepala madrasah harus mampu menciptakan situasi belajar mengajar yang baik. Ini berarti bahwa ia harus mampu mengelola “school plant”, pelayanan-pelayanan khusus madrasah, dan fasilitas-fasilitas pendidikan sehingga guru-guru dan murid-murid memperoleh kepuasan menikmati kondisi-kondisi kerja; mengelola personalia pengajar dan murid; membina kurikulum yang memenuhi kebutuhan anak; dan mengelola catatan-catatan pendidikan. Kesemuanya ini diharapkan, agar ia dapat memajukan program pengajaran di madrasah


Kinerja guru di madrasah sangat berperan dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif dan juga berpengaruh terhadap prestasi siswa juga mutu madrasah. Oleh karenanya diperlukan adanya guru-guru yang berkompenten, memiliki integritas tinggi, dan berkarakter. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui:


1.       Rapat Rutin


Rapat  rutinan  setiap  satu  bulan  dengan  menghadirkan  seluruh  guru  madrasah. Dalam  rapat  rutin  ini  kepala  madrasah  mengagendakan  beberapa kegiatan  salah satunya  terkait  dengan  eveluasi  kinerja  guru  selama  satu  bulan  terkait  kegiatan belajar mengajar. Selain itu  rapat rutinan ini bertujuan memusyawarahkan  hal-hal yang terkait dengan berbagai permasalahan yang ada di madrasah tersebut. Upaya kepala madrasah tersebut sesuai dengan teori teknik supervisi kepala madarasah. 


 


2.              Kepala madrasah memotivasi guru untuk mengikuti pelatihan dan seminar


Dukungan kepala madrasah sangat berpengaruh terhadap semangat guru untuk mengikuti acar-acara pelatihan dan seminar. Misalnya, dalam workshop, pelatihan  perangkatkan  pembelajaran, kurikulum  dan  kegiatan  yang  terkait  dengan  kompetensi  guru.  Training atau pelatihan adalah suatu kegiatan yang dilakukan  oleh  guru  agar  guru-guru  dapat  merubah  perilaku  mereka  dan  kegiatan  belajar mengajar dikelas.  Pelatihan ini merupakan model pengembangan yang banyak di lakukan oleh lembaga  pendidikan  untuk  pengembangan  kemampuan  profesional guru baik dalam rangka penyegaran maupun peningkatkan kemampuan.


3.              Studi Kelompok antar Guru / KKG


Selain mengadakan  workshop  kepala  madrasah  juga  melakukan  peningkatan  kompetensi guru dengan mengikutsertakan  guru dalam kelompok kerja  guru (KKG).


4.               Supervisi dan kunjungan kelas 


Supervisi dan kunjungan kelas, yakni kunjungan yang dilakukan kepala madrasah ke dalam kelas pada saat guru sedang  mengajar  dengan  tujuan  untuk  membantu guru  yang  bersangkutan  menghadapi  masalah/kesulitan  selama  mengadakan kegiatan  pembelajaran. Kegiatan ini dapat juga menjadi bahan evaluasi oleh kepala madrasah terhadap metode yang dipilih oleh guru dalam proses pembelajaran, jika kemudian dirasa ada yang kurang tepat, kepala madrasah dapat memberikan saran untuk perbaikan  


5.                   Mengadakan Penilaian 


Penilaian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesional guru. Mengingat bahwa menjadi seorang guru harus menguasai  kompetensi  guru.  Guru dapat  dikatakan  sukses  apabila  sudah menguasai dan mempraktikkan kompetensi tersebut. Maka dari itu kepala madrasah melakukan peningkatan dengan mangadakan penilaian terhadap guru yang berpacu pada kompetensi guru. Tindak lanjut dari penilaian ini, kepala madrasah dapat juga memberikan reward bagi guru dengan nilai  terbaik, atau guru berprestasi sehingga reward ini dapt menjadi motivasi bagi guru yang mendapatkannnya sekaligus inspirasi bagi guru-guru yang lain.  



Dibaca: 21 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter