Penyuluh Agama Islam Dramaga: Jadikan Ramadan Momentum Mengendalikan Nafsu

Penyuluh Agama Islam Dramaga: Jadikan Ramadan Momentum Mengendalikan Nafsu

Cibinong (INMAS Kab. Bogor)

Penyuluh Agama Islam Dramaga Kabupaten Bogor, Nahrowi, menyampaikan Kuliah Sepuluh Menit (KULSUM) Ramadan Hari Kedua Puluh Tiga di Musala Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor pada Rabu (5/5). Hadir dalam kegiatan tersebut Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor.

Nahrowi mengatakan bahwa ada tiga nafsu yang dapat mengganggu keimanan manusia. “Ada tiga nafsu yang mesti kita hindari demi menjaga keimanan kita,” ujarnya memulai tausiah.

Nafsu yang pertama adalah Al-Hayawaniyah. “Nafsu Al-Hayawaniyah adalah nafsu yang mengajak kita berperilaku seperti hewan, maka hindarilah agar kita selamat dunia dan akhirat,” ungkap Nahrowi.

Nafsu yang kedua adalah Al-Subu’iyyah. “Nafsu Al-Subu’iyyah adalah nafsu yang membuat kita tidak suka terhadap orang lain yang menyaingi kita,” kata Nahrowi. Oleh sebab itu, ia mengajak para ASN agar berprasangka baik dan bekerja sama dengan orang lain. “Bersainglah secara sehat, bukan justru menyingkirkannya” tambahnya.

Nafsu yang ketiga adalah Al-Syaithaniyyah. “Nafsu Al-Syaithaniyyah adalah nafsu yang mengajak kita mengerjakan larangan Allah,” kata Nahrowi. 

Ramadan, menurut Nahrowi adalah momen yang tepat mengendalikan semua nafsu tersebut. “Ramadan momen yang pas mengendalikan nafsu-nafsu tersebut karena kita diminta menahan lapar-haus dari pagi hingga sore dan menahan diri dari perbuatan yang menghilangkan pahala puasa,” tutupnya.

Kontributor: Dhamar Y.

Editor: Novam S



Dibaca: 24 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter