Penyelenggaraan Shalat Idul Adha, Kemenag Himbau Perhatikan Protokol Kesehatan

Penyelenggaraan Shalat Idul Adha, Kemenag Himbau Perhatikan Protokol Kesehatan

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd. berharap penyelenggaraan Salat Idul Adha dapat diselenggarakan sesuai protokol kesehatan, sehingga tidak menimbulkan cluster baru penyebaran COVID 19.

“Kita harap pelaksanaan Salat Idul Adha bisa lebih baik, terawasi, aman dan diusahakan jangan sampe ada cluster akibat dari penyelenggaraan Salat Idul Adha,” kata Usep usai rapat persiapan pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban di Ruang Rapat Pimpinan. Kamis (30/07/20).

Menurut Pria yang juga sebagai Kemenag Kota Tasikmalaya ini juga menyampaikan bahwa Salat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban digelar dengan memperhatikan status zona dan intensitas penyebaran covid 19 yang ditetapkan gugus tugas Tasikmalaya. Usep menilai diseluruh wilayah Tasikmalaya dianggap masih bisa melaksanakan Salat Idul Adha, karena angka penularan covid-19 cenderung melandai.

“Kalau zona wilayahnya zona merah pasti tidak diizinkan.” jelasnya.

Sementara untuk proses penyembelihan hewan kurban, kata Usep, secara garis besar hampir sama petunjuk teknisnya. Dimana para penyembelih dan pencacah daging harus menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Kantor Kementeria Agama Kabupaten Tasikmalaya, Nomor P-9642/Kk.10.06/06/BA.00/07/2020 tanggal 01 Juli 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan qurban pada masa Tatanan Kenormalan Baru (New Normal).

“Harus juga menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan kaus tangan, masker dan baju lengan panjang, Penerapan jaga jarak fisik (Physical distancing), penerapan kebersihan personal panitia dan penerapan kebersihan alat.



Kontributor: AFN

Editor : Nunik


Dibaca: 2 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter