Pendidikan Agama Warisan Ulama

Pendidikan Agama Warisan Ulama

Jl. Kemakmuran, Kota Bekasi

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. Abu Bakar Shidiq mengatakan pendidikan agama merupakan warisan ulama zaman dahulu yang harus diperhatikan, diselami dan dikembangkan. Tanpa adanya pandangan dan pemikiran ulama terdahulu, belum tentu Negara Indonesia dapat seperti sekarang ini.

“Pendidikan agama salah satu warisan ulama, dimana lahirnya pendidikan agama dalam kurikulum berkat pemikiran para ulama terdahulu ketika mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” Ungkapnya dalam kegiatan Rakor PAKIS Kankemenag Kota Bekasi, Senin, 22/2 di Aula Kankemenag Kota Bekasi.

Seperti kita ketahui, jelasnya, Negara Indonesia merupakan Negara Pancasila yang didalamnya mengakui Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia bukan Negara agama, jadi tidak menggunakan hokum agama. Meski begitu, Indonesia tetap Negara yang mengakui ketuhanan dan diwajibkan untuk beragama.

“Jadi Kita diamanati supaya beragama, karena itulah agama itu diurus oleh Negara dan didirikanlah Kementerian Agama,” Jelasnya lagi.

Lebih lanjut H. Abu Bakar Shidiq menjelaskan, Sebagai Negara yang beragama para ulama terdahulu meminta Pendidikan agama merupakan salah satu kurikulum dalam pendidikan di sekolah-sekolah formal baik tingkat dasar maupun tingkat lanjutan. Jadi seluruh penyelenggaraan pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikan agama, salah satunya adalah Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah.

Berdasarkan amanat para ulama terdahulu inilah, lanjutnya pendidikan Agama menjadi salah satu yang diurus Negara. Pendidikan Agama Juga lah yang nantinya akan membawa generasi bangsa menjadi generasi yang agamis dan beragama sesuai dengan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia.

Kontributor: Evi Agustin


Dibaca: 56 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter