Pendidikan Agama di Tanamkan Sejak Dini Melalui Pentas PAI

Pendidikan Agama di Tanamkan Sejak Dini Melalui Pentas PAI

Pasawahan (HUMAS Kabupaten Purwakarta)

SMPN 1 Purwakarta,  Pasawahan, menjadi tuan rumah PENTAS PAI Kabupaten Purwakarta tingkat SMP. Gelaran rutin yang diadakan setiap tahun oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI), dibuka pada Rabu (30/03/2022), dengan peserta kurang lebih 70 perwakilan SMP Negeri maupun Swasta di Kabupaten Purwakarta. 

Tahun Pentas PAI ini memiliki 8 cabang yang dilombakan diantaranya Tilawatil Qur’an, Hifdzul Qur’an, Kaligrafi, Pidato, Olimpiade PAI, lomba Kitab Kuning, Solo vocal dan Cerdas cermat. Adapun total peserta yang mengikuti kegiatan ini seperti yang diungkapkan oleh Kabid Pendidikan Dasar, Ervin Aulia, total peserta yang meningkuti kegiatan ini adalah sebanyak 498 peserta.

Dalam kegiatan ini H. Purwanto Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menyampaikan apresiasi adanya Pentas PAI ini sebagai tujuan dari menciptakan anak-anak yang berakhlak dan memiliki wawasan agama yang baik.

Selain itu, H. Purwanto juga mengungkapkan pentingnya untuk pendidikan agama non formal “Diharapkan setelah sekolah formal di sekolah ibu bapak juga memberikan pendidikan non formal berupa pendidikan keagamaan di sekolah agama karna jam pelajaran di SMP hanya 3 jam pelajaran dalam satu minggu.” 

Sama halnya dengan H. Purwanto, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Purwakarta, H. Casmita juga mengungkapkan bahwa pentingnya pendidikan non formal bagi anak khususnya yang tidak bersekolah di madrasah dinilai sangat penting. 

“Di pagelaran Pentas PAI ini sebenernya sebagai evaluasi baik untuk para guru maupun orang tua, kalau bagi guru berarti ini evaluasi kira-kira sudah benar atau belum dalam mengajarkan PAI kepada murid, sedangkan bagi orang tua saat anaknya dinilai kurang banyak pemahaman dalam Agama, maka penting bagi para orang tua untuk memberikan pendidikan agama tambahan bagi anaknya di luar jam sekolah,” ujar H. Casmita.

Sebagai penutup, H. Casmita juga mengungkap apresiasinya terhadap kegiatan yang diadakan oleh MGMP dan besar harapannya untuk kegiatan ini berjalan lancar.

Kontributor: Lucky Andriansyah

Editor : Tri Budiono 


Dibaca: 40 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter