Pelayanan Haji dan Umrah Jawa Barat Berbasis Digital

Pelayanan Haji dan Umrah Jawa Barat Berbasis Digital

Dago (HUMAS Bidang PHU)

Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar bagi seluruh aspek kehidupan dan pemerintah sebagai pelayan masyarakat harus dapat beradaptasi dengan cepat. Salah satu upaya yang diberikan oleh Kementerian Agama Jawa Barat yaitu pelayanan haji dan umrah berbasis digital.

Hal inilah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, pada Pembukaan Kegiatan Digitalisasi Pelayanan Jemaah Haji Kanwil Kemenag Jawa Barat Tahun 2021, Selasa (22/9), di Hotel Marbella Suites Bandung.

Kakanwil juga menekankan bahwa pelayanan ibadah haji dan umrah merupakan pelayanan primer yang menjadi indikator utama dalam penilaian masyarakat terhadap pelayanan Kementerian Agama.

"Namun, sejak adanya pandemi Covid-19, penyelenggaraan Ibadah haji harus dibatalkan pemberangkatannya dan umrah pun demikian. Tentunya keputusan yang sangat berat ini berdasarkan atas keselamatan jemaah haji dan umrah," ujar Adib.

Sesuai dengan proses adaptasi pada masa pandemi Covid-19, Adib mengatakan bahwa digitalisasi menjadi fokus penting pada setiap program kinerjanya.

"Terutama dalam hal ini yaitu pelayanan terhadap jemaah haji. Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu, Bidang PHU Jawa Barat telah meluncurkan program inovasi SIPORSI yang dapat memudahkan jemaah haji," ungkap Adib.

Maka dari itu, Adib berharap dengan perkembangan digitalisasi harus diselaraskan dengan inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan haji dan umrah

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Ahmad Handiman Romdony, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi digitalisasi pelayanan jemaah haji.

Peserta yang dihadirkan pun berasal dari Seksi PHU Kankemenag Kab/Kota, FKKBIHU Kab/kota, dan Bank Penerima Setoran yang keseluruhannya berjumlah 90 orang. 

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 31 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter