Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Kemenag Jabar Raih Peningkatan

Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Kemenag Jabar Raih Peningkatan

Jl.  H.  Alpi - Kota Bandung (Humas Bidang Tata Usaha) 

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat tahun 2020 memperoleh nilai 73,88 dari tim evaluasi impelentasi  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) tahun 2020 Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI. Nilai tersebut naik jika dibandingkan dengan tahun 2017 sebesar 72,92.

Erma Agustini  pengendali teknis tim Evaluasi Itjen Kemenag RI mengungkapkan bahwa angka tersebut berasal dari  perencanaan kinerja (30%) 23,64, pengukuran kinerja (25%) 17,50, pelaporan kinerja (15%) 12,04, evaluasi internal (10%) 6,20, dan pencapaian sasaran/kinerja organisasi (20%) 14,50. Hasil penilaian tim Itjen ini diterima langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, yang didampingi sejumlah pejabat eselon III lainnya, di Aula MAN 1 Kota Bandung Jln. H. Alpi Bandung Kulon, Rabu (6/10/2021). 

Dari hasil penilaian SAKIP dan SPIP  yang dilakukan sejak tanggal 22 September sampai 03 Oktober 2021 ini, Tim evaluasi, sebagaimana disampaikan oleh Erma Agustini, menyampaikan beberapa rekomendasi di antaranya Dalam perencanaan kerja, Erma merekomendasikan antara lain rencana strategis (renstra) harus berdasarkan basis data yang memadai dan argumentasi yang logis. Selain itu, harus diseleraskan  target kinerja antara renstra, rencana kerja, dan perjanjian kerja. Dokumen hasil telaah renstra dimanfaatkan untuk perbaikan renstra periode 2020-2024. Direkomendasikan pula tentang pembuatan jadwal monitoring renstra dan rencana aksi secara periodik.

Mengenai pengukuran kinerja, Erma menekankan di antaranya tentang konsistensi atas Standard Operating Procedure (SOP) pengumpulan data kinerja yang telah ditetapkan.  Di samping itu, membuat kesimpulan dan rekomendasi pada hasil evaluasi internal, melakukan review indikator kinerja utama (IKU) secara berkala dan menindaklanjuti hasil review, dan melakukan pengukuran rencana aksi dan memanfaatkan sebagaimana seluruh kriteria yang telah ditetapkan.

Dalam rekomendasi  pada capaian kinerja, Erma mengatakan, pencapaian target kinerja tahun berjalan harus selalu diupayakan melebihi capaian tahun sebelumnya.  Selain itu, meningkatkan kualitas laporan kinerja untuk memperoleh umpan balik terhadap perbaikan perencanaan kinerja tahun berikutnya. Melengkapi capaian kinerja triwulan I dan II tahun 2021, dengan rekomendasi untuk ketercapaian kinerja secara maksimal.

Kontributor  : Eva Nurwidiawati 

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 91 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter