MTsN 1 KARAWANG GELAR PEMANTAPAN E-LEARNING TAHUN PELAJARAN 2021-2022

MTsN 1 KARAWANG GELAR PEMANTAPAN E-LEARNING TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Cilamaya Wetan ( INMAS Kab. Karawang )

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 diperpanjang lagi sampai tanggal 02 Agustus 2021, walaupun sudah ada sedikit kelonggaran boleh buka dengan syarat tetap memperhatikan protokol kesehatan tidak boleh kendor, akan tetapi masalah kegiatan belajar mengajar masih belum diperkenankan untuk tatap muka, karena vandemi covid. 19 varian baru "delta" yang konon khabarnya berasal dari India. Oleh karena itu kegiatan belajar mengajar tatap muka belum bisa dilakukan, masih dilakukan melalui tatap maya sesuai Surat Edaran dari Dirjen Pendidikan Islam  Nomor B-1873.DJ.I/Dt.I.I /PP.03/06/2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran  Di Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022  pada masa covid  19 serta harus berpedoman kepada SKB  4 Menteri.

Pembelajaran tahun ajaran baru ini pun masih belum bisa tatap muka, karena wabah corona perkembangannya masih cukup signifikan. Pembelajaran dilakukan dengan Jarak Jauh (DJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) atau dengan istilah lain daring (dalam jaringan), luring (luar jaringan) dan virtual atau tatap maya.  

Pembelajaran jarak jauh ini banyak corak  dan ragam istilah yang digunakan, diantaranya What App (WA), class room, google meet, zoom meeting serta e-learning. Dari berbagai corak dan ragam pembelajaran jarak jauh/daring metode yang hasil produk Direktur   Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) yaitu metode e-learning, dimana metode ini kepala madrasah, pembantu Kamad Bidang kurikulum dan pengawas bisa memonitor, bisa memantau kegiatan guru-guru, karena dibuat hanya untuk madrasah.

Dalam rangka peningkatan kompetensi dan pendalaman  tentang E-learning, MTsN 1 Karawang gelar  pemantapan penggunaan aplikasi e-learning pada hari Kamis (28/07/2021) dihadiri sebagian guru dan sebagian lagi secara virtual. Adapun kegiatan ini dipandu oleh pembantu wakamad kurikulum DR. Ade Nasem, sebagai nara sumber Yudi Selamet Riyadi SE. dan Habsyi Prasidik S.Pd. operator/teknisi Moh.Rouf S.Pdi.

Sementara itu, kepala Madrasah Drs.HM.Nuryaqin M.Si   hanya membuka dan memberikan sambutan, tidak mengikuti sampai selesai, karena ada jadwal yang bersamaan yaitu mengikuti  evaluasi  pelaksanaan  anggaran dan pemberian   apresiasi atas kinerja pelaksanaan anggaran semester 1 tahun 2021 dari Kanwil Keuangan Bandung Provinsi Jawa Barat  melalui zoom meeting. 

Dalam sambutannya, kamad mengatakan Kegiatan pemantapan ini bukan berarti menggurui  atau merendahkan kompetensi  bapak/ibu guru  karena Gaptek,  tapi ini hanya bersifat tukar pengalaman, berbagi pengetahuan, belajar bareng ( silih bejaan) karena aplikasi e-learning ini sudah lama diterapkan/digulirkan  pada madrasah, namun dalam praktek  kesehariannya,  kegiatan belajar mengajar tidak semua guru menggunakan aplikasi e-learning, maka kegiatan ini pada intinya  lebih cenderung pada,  " watawa shou bilhaqi watawa shou bis shobri"_. ( وتواصوا يالحق وتواصوا بالصبر)

Selamat dan sukses, semoga Allah SWT. memberikan kesehatan serta pahala yang setimpal  dan  mendapat Ridho-Nya. Aamiin yra.

Kontributor : Denden / M.Nuryaqin


Dibaca: 7 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter