MTQ, Siapkan Qori dan Qoriah Putra Daerah

MTQ, Siapkan Qori dan Qoriah Putra Daerah

Jl. Kemakmuran,. Kota Bekasi

Kabag Kesos Pemerintah Kota Bekasi, H. A.Yani  berharap pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Tasikmalaya pada April Mendatang disiapkan secara matang dan terencana. Ia berharap MTQ tekasi.

“Nggak asli juga gak apa yang penting menetap di Kota Bekasi, Kalau mau cari yang putra asli kota Bekasi sulit karena kita sudah menjadi masyarakat yang plural,” Ujarnya ketika member materi dalam kegiatan Rakor PAKIS Senin Kemarin di Aula Kantor Kemenag Kota Bekasi.

Sejauh ini, lanjutnya kesulitan utama dalam pelaksanaan MTQ adalah mempersiapkan qori dan qoriah putra daerah atau minimal menetap meski bukan asli orang Bekasi. Kadangkala Putra daerah sudah diambil oleh daerah lain atau mereka lebih memilih untuk menjadi pesertadi daerah lain.

“Jadi kita mah disini tinggal sisanya aja,” Kelakar A. Yani.

Meski begitu, jika sisanya ini diberi pembinaan yang baik, tentu hasilnya juga akan memuaskan.  Karenanya perlu adanya kerjasama dan koordinasi antara pemkot Bekasi dan Kementerian Agama dimana Kemenag Agama merupakan penyedia dari SDM qori dan Qoriah. Selain itu, Kankemenag merupakan instansi yang membawahkan Pondok Pesantren dimana para Qori dan Qoriah dilahirkan.

Seperti Diketahui, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) telah menjadi kegiatan rutin yang di Indonesia sejak tahun 1940-1n tepatnya sejak berdirinya Jami iyyatul Qurro wal Huffaz yang didirikan oleh ormas terbesar di Indonesia, Nadhlatul Ulama.

Kontributor: Evi Agustin


Dibaca: 65 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter