Mimbar Dakwah Sesi 124 :“Surga dan Neraka”

Mimbar Dakwah Sesi 124 :“Surga dan Neraka”

Assalamu`alaikum Wr. Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدىْ وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْكَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ،  أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى خَاتَمِ اْلاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirin rohimakumulloh

Puji dan syukur mari kita panjatkan kehadirat Alloh Swt, Dialah yang  memberkati kita semua berbagai ni’mat dan karunia, dan hanya kepadaNya lah kita dikembalikan. Rohmat serta salam semoga terlimpah kepada jungjunan kita yaitu Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sohabat dan segenap umat yang taat mengikuti ajaranya, serta kita sekalian mengharap ridho, ampunanNya dan mendapat syafaat Rosululloh SAW.

Hadirin Rohimakumulloh

Surga adalah tempat bagi orang-orang yang ikhlas beribadah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Surga berisi penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Kesenangan dan kegembiraan di surga tidak dapat dibandingkan dengan kesenangan dan kegembiraan yang terdapat di dunia. Indahnya panorama di pegunungan dan kesegaran udaranya tidak dapat disamakan dengan indahya alam di surga. Jika keindahan yang berada di dunia bersifat sementara, maka keindahan dan kesenangan di akhirat bersifat kekal.

Yang berhak memasuki surga adalah orang-orang yang timbangan kebaikannya lebih berat daripada perbuatan buruknya. Surga adalah tempat yang sangat indah, sebagaimana digambarkan Allah dalam QS. Muhammad ayat 15:

Perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada beubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak beubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka” (QS. Muhammad [47]:15).

Orang-orang yang shaleh tampak berseri-seri tanda mereka sangat bersuka ria. Mereka begitu puas akan apa yang telah mereka perbuat selama hidup di dunia. Allah telah membuktikan keadilan dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya yang bertaqwa. Kegembiraan orang-orang yang beriman dan keadaan di surga digambarkan dalam Al-Qur’an, surat Al-Ghasyiyah ayat 8-16 sebagai berikut:

 Banyak muka pada hari itu berseri-seri, merasa senang karena usahanya. Dalam syurga yang tinggi, tidak kamu dengar di dalamnya perkataan yang tidak berguna, di dalamnya ada mata air yang mengalir, di dalamnya ada takhta-takhta yang ditinggikan, dan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya), dan bantal-bantal sandaran yang tersusun, dan permadani-permadani yang terhampar.” (QS. Al-Ghasyiyah [88]: 8-16)

Hadirin rohimakumulloh

Surga memiliki 8 nama sesuai dengan tingkatannya, yaitu :

Pertama, Surga Firdaus, dihuni oleh orang-orang yang khusyuk shalatnya, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara shalatnya.

Kedua, Surga ‘Adn, dihuni oleh orang yang bertakwa kepada Allah, banyak berbuat baik sabar, menginfakkan hartanya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

Ketiga, Surga Naim, dihuni oleh orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah dan beramal saleh.

Keempat, Surga Ma’wa, ditempati oleh orang-orang yang bertakwa kepada Allah, beramal saleh serta takut kepada kebesaran Allah dan menahan hawa nafsunya.

Kelima, Surga Darussalam, dihuni oleh orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah, serta beramal saleh.

Keenam, Surga Darul Muqamah, dihuni oleh orang-orang yang kuat iman Islamnya, banyak berbuat kebajikan, dan jarang berbuat kesalahan.

Ketujuh, Surga Al-Maqamul Amin, dihuni oleh orang-orang yang bertakwa.

Kedelapan, Surga Khuldi, dihuni oleh orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Hadirin rohimakumulloh

Neraka adalah suatu tempat di akhirat yang sangat tidak menyenangkan. Tempat ini diperuntukkan bagi orang-orang kafir, orang-orang yang melanggar perintah Allah. Di nereka orang-orang yang berbuat dosa melebihi amal baiknya akan mendapat siksa.

Penderitaan akibat siksa di nereka ini tidak ada bandingannya, panasnya api neraka tidak dapat dibandingkan dengan panasnya api yang ada di dunia. Dari keterangan ayat-ayat Al-Qur’an, kita dapat membanyangkan berupa penderitanya orang-orang yang hidup tersiksa di neraka. Antara lain firman Allah dalam surat an-Nisa ayat 56:

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat kami, kelak akan kami masukkan mereka ke dalam neraka. setiap kali kulit mereka hangus, kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisa [4]:56)

Hadirin rohimakumulloh

Sama dengan surga, neraka pun punya nama-nama sesuai dengan tingkatannya, yaitu :

Pertama, Neraka Jahanam, penghuninya adalah pengikut syaithan.

Kedua, Neraka Sa’ir, penghuninya adalah orang-orang yang tidak mempercayai adanya akherat, juga untuk orang yang kufur nikmat.

Ketiga, Neraka Saqar, penghuninya adalah orang yang tidak melaksanakan shalat, tidak mau memberi makan orang miskin, dan orang yang senang ghibah, serta orang munafik, yaitu orang yang mendustakan perintah Allah dan rasul.

Keempat, Neraka Jahim, penghuninya adalah mereka yang menyembah berhala, thagut (harta dan tahta), juga orang sesat.

Kelima, Neraka Huthamah, penghuninya adalah orang yang gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka yang serakah tidak mau mengeluarkan zakat harta dan menghina orang miskin.

Keenam, Neraka Lazha, penghuninya adalah orang yang tidak beragama dan orang kikir.

Ketujuh, Neraka Hawiyah, penghuninya adalah orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup didunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan.

Hadirin rohimakumulloh

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangannya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Dibaca: 11 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter