Memaknai Hari Lahir Pancasila

Memaknai Hari Lahir Pancasila

Oleh : Hendar, S. Pd., M. Si. (Guru MTsN 3 Tasikmalaya)

 

Setelah ditetapkan Tanggal 1 Juni sebagai Hari Pancasila oleh Presiden Republik Indonesia melalui KEPPRES No. 24 Tahun 2016. Selain ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Namun, meskipun kita sudah mengetahui bahwa tanggal 1 Juni adalah Hari Lahir Pancasila, tentu kita harus benar-benar memahami makna dari Hari Pancasila itu sendiri.

Di Negara Indonesia, ada dua hari besar yang berkaitan dengan Pancasila, yaitu Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni dan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober.

Salah satu alasan ditetapkannya hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, karena pada tanggal tersebut di tahun 1945, istilah “Pancasila” pertama kali diungkapkan oleh Presiden Ir. Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pada saat itu, Presiden Ir. Soekarno berpidato, mengemukakan gagasannya tentang dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Dalam pidatonya, Ir.  Soekarno memiliki keinginan untuk menghentikan perdebatan yang ada di antara anggota BPUPKI. Selain Presiden Ir. Soekarno, Radjiman Wediodiningrat, M. Yamin, dan Soepomo menyampaikan gagasan mereka tentang Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia..

Dengan sejarah dan maksud mulia Presiden Ir. Soekarno pada saat mengusulkan, pancasila memang begitu penting bagi kita sebagai bangsa Indonesia. Hari Pancasila yang jatuh tiap tanggal 1 Juni,tentu memiliki makna bagi kita sebagai rakyat dan bangsa Indonesia, diantaranya : pertama, kita harus menjunjung tinggi Pancasila, bukan hanya sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, melainkan juga menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, pancasila harus bisa digunakan sebagai jati diri atau identitas bagi bangsa Indonesia. Ketiga, pancasila bukan hanya lima poin yang dibacakan saat upacara bendera. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar melainkan, pancasila harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap sila yang terdapat di dalamnya tentu sangat bermakna dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan betul-betul melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan tertanam di dalam hati  bahwa pancasila   sebagai sumber hokum bagi bangsa Indonesia.

Keempat,  cintailah Indonesia beserta pancasila sebagai semboyan dasar dan sebagai sumber hokum bangsa Indonesia. Berawal dari rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mampu mengerti betapa pentingnya pelaksanaan Pancasila di tengah-tengah bangsa Indonesia, bahwa pancasila diciptakan untuk memastikan kelangsungan kehidupan Indonesia. Pancasila adalah sesuatu yang tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang..

Semoga bermanfaat!

Selamat Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2020

#Saya Indonesia

#Saya Pancasila



Editor : Nunik


Dibaca: 117 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter