MAN 2 Tasik Kembali Torehkan Prestasi, Dua Siswa Masuk 50 Besar Peserta Myres Tingkat Nasional

MAN 2 Tasik Kembali Torehkan Prestasi, Dua Siswa Masuk 50 Besar Peserta Myres Tingkat Nasional

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya)

Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres) 2020 memasuki babak presentasi. Dari 5.600 pendaftar, setelah dilakukan penilaian, terpilih 300 proposal yang akan ikut dalam tahap presentasi.

Sebagaimana disampaikan pada pengumuman Nomor: B-2261/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/10/2020 tentang Hasil Penilaian Proposal Peserta Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar, bahwa Myres 2020 rame peminat, mencapai 5.600 proposal. Dewan Juri telah menilai proposal penelitian yang masuk, dan ditetapkan 300 proposal yang lolos tahap presentasi.

MAN 2 Tasikmalaya lagi-lagi menorehkan prestasi, setelah bulan Agustus 2020 lalu tiga tim siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tasikmalaya mengukir prestasi internasional. Ketiganya meraih penghargaan pada ajang Africa Science Buskers Festival 2020. Kali ini siswa MAN 2 Tasikmalaya yaitu Syihadubbin Ahmad Badha dan Muhammad Iqbal Fauzi masuk 50 besar Jenjang Aliyah Bidang Keagamaan.

Alhamdulillah sangat bangga bisa lolos tahap ini juga, karena dari ribuan peserta masuk 50 besar. Pada tahun ini lagi siswa kami berkesempatan kembali berkompetisi di tingkat Nasional, semoga menjadi motivasi dan meraih hasil yang diharapkan. Ananda Syihabuddin dan Iqbal keduanya berada di pesantren yaitu Iqbal di Pondok Pesantren Cipasung sedangkan Syihab di Pondok Riyadul Ulum Gandok. Mereka mengambil judul Judaya “ngantri” di pesantren Sebagai implementasi ajaran Al qur’an (tafsir terhadap Ayat-ayat sabar).” kata Dra. Hj. Neng Ida Nurhalida, M.Pd saat dihubungi pesan singkatnya. Kamis (15/10/20).

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya menyambut baik atas raihan prestasi ini, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Surya Mulyana, M.Ag. Ia menyampaikan bahwa Myres adalah kompetisi yang digelar Kemenag untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah. Selain itu, Myres bertujuan mengembangkan potensi intelektual siswa madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian mereka yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

“Saya sampaikan apresiasi kepada MAN 2 Tasikmalaya dan ucapkan terima kasih termasuk kepada Madrasah yang juga mengirimkan proposal penelitian dari Kabupaten Tasikmalaya. Ini menunjukkan tradisi riset di madrasah terus bergeliat.” kata Surya.

Menurutnya, 300 proposal terpilih ini terdiri dari 150 proposal jenjang MTs dan 150 proposal jenjang MA. Masing-masing jenjang, terbagi dalam tiga bidang dengan jumlah proposal yang sama, yaitu: Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi (50), Sosial dan Kemanusiaan atau Sosial Dan Humaniora (50), dan Ilmu Keagamaan (50).

“Dari MAN 2 Tasikmalaya masuk jenjang Aliyah Bidang Ilmu Keagamaan. Pada babak selanjutnya, peserta MYRES harus menyiapkan presentasi proposal dalam bentuk slide. Presentasi akan dilaksanakan secara virtual pada 17 - 20 Oktober 2020, dengan durasi lima menit,” pungkasnya.


Kontributor : AFN

Editor : Nunik


Dibaca: 9 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter