Maju ke Tingkat Provinsi, Kakankemenag Beri Pembekalan bagi Juara KSM

Maju ke Tingkat Provinsi, Kakankemenag Beri Pembekalan bagi Juara KSM

Cibeureum (INMAS Kota Tasikmalaya) Kepala Kankemenag Kota Tasikmalaya M. Ali Abdul Latief memberikan amanat dalam kegiatan pembekalan bagi para peserta KSM Tingkat Provinsi Jawa Barat wakil dari Kemenag Kota Tasikmalaya, selasa (14/9). Bertempat di Aula serbaguna MI Assulaha dihadapan para siswa yang berprestasi ini Ali sampaikan beberapa pesan penting. 

Menurut Kakankemenag kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari  kegiatan KSM  tingkat Kota Tasikmalaya yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya dan tentunya kita akan ikut berpartisifasi dalam kegiatan KSM di tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada bulan september pekan depan.

“Kompetensi sains Madrasah ini merupakan semangat  atau ghirroh kita sebagai siswa juga sebagai guru, ibu dan bapak guru pendamping untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi kemudian capacity dalam integrasi sains yang dilaksanakan pembelajarannya di madrasah,” ujarnya.

Di madrasah bapa ibu guru menyampaikan pembelajaran kepada siswa dari semua mata pelajaran yang kemudian diintegrasikan kedalam nilai-nilai islam sebagai sebuah rujukan bagi kita. Ali sampaikan bahwa tadi dua siswa MI Assulaha membacakan ayat suci Al-Qur’an yang kurang lebih isinya mengandung makna bahwa dalam bahwa pada  Alquran itu tidak ada keraguan.

“Apapun semuanya yang ada di dalam Alquran baik itu mengenai alam, syariah, ibadah,  semuanya laa roibafiih artinya tidak ada keraguan di dalamnya,” imbuhnya.

Karena itu Kakankemenag ingatkan bahwa integrasi kini menjadi nilai kita dalam melaksanakan pembelajaran, nilai bagi bapa ibu guru dalam proses belajar mengajar,karena bagaimanapun juga tujuan dari kita melaksanakan kehidupan di  dunia adalah akherat.

Untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan kita melaksanakan kehidupan dunia, bagaimanapun kita  tidak  boleh meninggalkan kehidupan dunia. Sebagaimana untuk mencapai keridhoan Allah tentunya dengan menjalani tahapan hidup di dunia. Contohnya  dalam melaksanakan ibadah salat tentu tahapan dunia ini harus diikuti, bagaimana agar salat waktunya itu tepat, supaya kita salatnya terarah kepada kiblat ada yang disebut Posisi kiblat, berapa derajat tepatnya maka ada yang disebut dengan pengetahuan yang disebut dengan astronomi, ilmu falaq, hisab  rukyat. Itulah tahapan – tahapan yang kita ikuti.

“Integrasi tersebut semuanya sebenarnya ada dalam Al-Qur’an,” imbuhnya.

Ali sampaikan salah satu contoh ada dalam Al-qur’an bagaimana Alloh menurunkan angin untuk mengawinkan tanaman dan menyuburkannya dengan menurunkan hujan. Dulu kitaa tidak bisa membayangkan apa maksudnya Alloh menurunkan angin dan mengawinkan tanaman tapi sekarang ilmu pengetahuan membuktikan bahwa ternyata putik dan serbuk sari bisa kawin itu dengan bantuan angin.

“Inilah yang disebut dengan sains yang terintegrasi dengan nilai islami,” jelasnya.

Kakankemenag bersyukur sejak kecil mulai dari tingkat MI sampai dengan Madrasah Aliyah sudah belajar tentang nilai-nilai integrasi ini, mudah-mudahan menjadi pegangan nanti ke depan dalam melaksanakan nilai-nilai ilmu pengetahuan yang dibungkus dengan integrasi sains dan juga agama dan nilai al-Qur’an , nilai Al-Qur’an ini tentunya akan menjadi dan  memberikan syafaat

“Karenanya saya sangat mengapresiasi kegiatan KSM ini semoga bisa meningkatkan pemahaman pengetahuan kita, baik adik-adik sekalian juga bapak-bapak dan ibu-ibu semua,” imbuhnya.

Kakankemenag berharap kita semua menggali dan lebih memahami lagi secara menyeluruh lagi dari apa yang dilombakan dalam kegiatan ini. Selain itu juga mudah-mudahan hasil KSM kita yang ada di Kota Tasik ini bisa mewakili ke tingkat provinsi Jawa Barat. 

“Terus belajar kembali, terus semangat mudah-mudahan kita lebih berprestasi lagi dan membawa nama baik dan mendapat prestasi yang bagus nanti di tingkat provinsi Jawa Barat,” harapnya

Ia juga memberikan motivasi dan semangat kepada siswa lain yang belum diberikan kesempatan tahun ini untuk menjadi duta Kota Tasik di tingkat Provinsi  untuk lebih giat belajar dan tidak putus asa, jalan masih panjang harapan kedepan juga masih luas, kesempatan masih ada silakan untuk berlomba dan mencapai yang terbaik 

KOntributor : Yeni Rohayati

Dibaca: 43 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter