Launching 150 PAUDQu Kabupaten Karawang

Launching 150 PAUDQu Kabupaten Karawang

Telukjambe Timur ( INMAS Kab.Karawang)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Muh. Azizi Hujjatul Arifin membuka secara resmi kegiatan Pembinaan tentang Keputusan Dirjen Pendis Nomor 91 tahun 2020 bagi pengelola lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) dan Launching Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur'an (PAUDQu) di wilayah Kabupaten Karawang yang di gelar oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur'an (FKPQ) kabupaten Karawang Senin (05/04/21) di Brits Hotel Karawang.

Ketua FKPQ kabupaten Karawang,H.Cece Izuddin selaku panitia menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari Kemenag Pusat dalam hal ini Kasubdit Pendidikan Al-Qur'an Direktorat Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kementerian Agama, Dr. H. Sarpani, M.Pd, yang akan memaparkan penjelsan tentang PAUDQu

“Alhamdulillah sudah 150 PAUDQu yang terverifikasi data dan tempat yag menjadi angkatan pertama di kabupaten Karawang,”terangnya.

Tahun lalu berkat perjuangan pimpinan kita di atas, sambungnya,PAUDQu bisa di luncurkan.sebagai lembaga pendidikan formal sehingga menjadi solusi bagi TKQ yang sudah kurang di anggap dan mulai di tinggalkan, meskipun adapula TKQ yang berafiliasi dengan  Diknas namun tak sedikit TKQ yang masih tetap komit di bawah Kemenag.

Secara pribadi sejak tahun1990 telah mengelola TKQ, dirinya merasa bersyukur dengan adanya PUADQu merupakan angin segar akan tetapi harus siap konsekuensi nya ketika menjadi lembaga formal dengan segala administrasi dan sarana prasarana harus sudah di persiapkan, sampai saat ini sudah ada 150 PAUDQu yang sudah terverifikasi data dan tempat sudah lengkap

“Walaupun belum formal, pengelolaan TKQ di kabupaten Karawang sudah berbasis IT , kedepan terus bergerak mengemban misi memberantas kader yang lemah. Mudah-mudahan dengan adanya PAUDQu anak-anak masa depan lebih baik dan cemerlang menjadi kader kuatdi bidang agama dan moral,”harapnya.

Sementara itu,pada kesempatan sambutannya,kepala kantor yang diwakili, Kasi PD Pontren H.Muh.Azizi Hujjatul Arifin menyampaikan pertama maaf dari kepala kantor sedianya sudah merencanakan akan hadir  akan tetapi di waktu yang sama ada acara Rakernas  yang berlangsung mulai hari Senin s.d Rabu, sehingga menugaskan kami, semoga tidak mengurangi makna dan  hikmah acara ini.

“Selamat datang Pak Kasubdit dan jajaran di kabupaten Karawang, semoga membawa keberkahan bagi pengelola LPQ, Alhamdulillah LPQ bisa tetap eksis dan setelah pertemuan ada perubahan lebih baik lagi,”ucapnya.

Kita sudah mempunyai aplikasi SIM PD Pontren, lanjut Pak Kasi, Alhamdulilah masih jalan sehingga memudahkan apabila di minta data sudah tersedia. Terkait Kepdirjen Pendis Nomor 91 tahun 2020 kami pun sudah mensosialisasikannya termasuk Undang Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren

Ia juga menambahkan kemungkinan PAUDQu akan banyak tantangan karena sudah ada PAUD yang  dikelola oleh Dinas Pendidikan , maka sangat penting untuk menyimak dan mendengarkan informasi dari Kasubdit ketika sudah berjalan agar tidak ada masalah yang tidak di harapkan.

“Dengan mengharap Ridho dan mohon keberkahan, dengan ini acara pembinaan Kepdirjen Pendis. Nomor 91 tahun 2020 tentang Lembaga Pendidikan Al Qur’an dan launching PAUDQu resmi dibuka dengan bersama -sama membaca Basmallah, “ucap Pak Kasi.

Selanjutnya,  kegiatan Pembinaan tentang Keputusan Dirjen Pendis Nomor 91 tahun 2020 oleh Kasubdit Pendidikan Al-Qur'an Direktorat Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kementerian Agama, Dr. H. Sarpani, M.Pd

Kontributor : Denden

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 10 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter