Kunjungi Lokasi Kebakaran Ponpes Innayatul Fikriyah, Kakanwil Langsung Berikan Bantuan

Kunjungi Lokasi Kebakaran Ponpes Innayatul Fikriyah, Kakanwil Langsung Berikan Bantuan

Cianjur (INMAS Bidang PD Pontren)

Musibah kebakaran yang terjadi di Pondok Pesantren Innayatul Fikriyah Kab. Cianjur pada Hari Minggu dini hari, (13/9), sangat mengejutkan keluarga besar Kementerian Agama Jawa Barat, khususnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, Adib.

"Setelah mendapat kabar musibah kebakaran, saya langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama BAZNAS Jawa Barat dan kita langsung berangkat menuju lokasi,” ujarnya, Senin (14/9).

Selain meninjau lokasi kebakaran, Adib mengatakan bahwa Ia langsung membawa bantuan dan akan diberikan kepada pihak pondok pesantren.

“Bantuan dari Kanwil Kemenag Jawa Barat dan BAZNAS Jawa Barat yaitu berupa uang tunai sebesar Rp. 15juta, bantuan dari Kemenag Kab. Cianjur yaitu uang tunai sebesar Rp. 7,5juta, Al Quran 5 dus, dan pakaian layak pakai,” jelas Adib.

Adib melanjutkan bahwa bantuan juga ada dari DWP Kanwil Kemenag Jawa Barat uang tunai sebesar Rp. 500ribu, Bimas Islam uang tunai Rp. 1juta, Pokjaluh uang tunai sebesar Rp. 1,5juta dan KKM MI uang tunai sebesar Rp. 4juta.

“Bantuan yang diberikan ini memang belum seberapa dibandingkan kerugian yang diperoleh dari musibah kebakaran ini. Namun, bisa membantu dan meringankan beban disaat musibah saat ini,” ungkapnya.

Peristiwa Kebakaran ini menghanguskan 1 asrama putri 2 rumah kyai, pakaian, perlengkapan belajar uang dan barang milik pribadi santri yang ada di dalam kobong. “Serta kitab-kitab yang sering digunakan untuk proses belajar dan mengajar pun ikut terbakar,” ujarnya.

Dari hasil peninjuannya, Adib bersyukur para santri dapat selamat dari kebakaran besar dan saat ini santri mengungsi ke gedung terdekat yang masih aman. “Selain itu, dari bangunan yang terbakar terlihat hangus dan hanya menyisakan puing-puing bangunan,” kata Adib.

Adib menekankan bahwa pondok pesantren ini harus dapat berdiri kembali dan menjalankan rutinitasnya memberikan pengajaran kepada santri seperti biasa. “Mungkin ini saatnya kita semua saling membantu agar pondok pesantren ini dapat berdiri kembali dan melakukan aktivitasnya,” pungkas Adib.

Bantuan yang diberikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Adib, langsung diterima oleh Pimpinan Pondok Pesantren, KH. Mubih Mubarom.

Musibah kebakaran di Pondok Pesantren Innayatul Fikriyah Kab. Cianjur terjadi pada pukul 01.00 wib dini hari dan api baru bisa dipadamkan pada pukul 03.20 wib yang dibantu dengan 1 unit mobil pemadam kebakaran.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 100 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter