KULSUM, Ujang Supriyatna Sampaikan Ramadan adalah Momen Mengendalikan Hawa Nafsu

KULSUM, Ujang Supriyatna Sampaikan Ramadan adalah Momen Mengendalikan Hawa Nafsu

Cibinong (INMAS Kab. Bogor)

Kepala Seksi Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ujang Supriyatna, menyampaikan Kuliah Sepuluh Menit (KULSUM) Ramadan Hari Kesembilan di Musala Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor pada Rabu (21/4). Hadir dalam kegiatan tersebut Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor.

Dalam tausiahnya, Ujang mengingatkan kepada jemaah agar mengendalikan hawa nafsu saat Ramadan. “Hawa nafsu penting kita kendalikan agar semangat ibadah Ramadan tetap terjaga,” ujarnya.

Ujang menceritakan kisah Nabi Adam dan Hawa yang diturunkan dari Surga akibat tidak bisa mengendalikan hawa nafsu sebagai pelajaran bagi para ASN. “Kisah tersebut menjadi pelajaran bahwa kita tidak boleh menuruti hawa nafsu, terlebih jika merugikan diri sendiri dan orang lain,” ungkapnya.

Hawa Nafsu, menurut Ujang dapat mewujud dalam berbagai perilaku, seperti malas bekerja; lebih suka ngobrol daripada melayani masyarakat; atau tidak melayani masyarakat setulus hati. “Perilaku menuruti hawa nafsu semacam ini tidak boleh ada dalam diri ASN,” tandasnya.

Menutup tausiahnya, Ujang berharap para ASN tetap maksimal bekerja sekalipun saat Ramadan. “Saya tau puasa berdampak pada menurunnya energi kita, tapi jangan jadikan itu sebagai alasan tidak maksimal melayani masyarakat, karena Insya Allah ada pahala besar untuk kita,” tutupnya.

Kontributor: Dhamar Y.

Editor: Novam S



Dibaca: 6 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter