Kua Tidak Sebatas Mengurus Nikah Saja

Kua Tidak Sebatas Mengurus Nikah Saja

Leuwimunding-Majalengka

Mayoritas masyarakat memandang bahwa tugas Kantor Urusan Agama itu hanya berkutat terkait nikah dan rujuk saja, padahal jika melihat kepada Keputusan Menteri Agama No. 517 Tahun 2001 tentang Penataan Organisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan, maka tugas KUA itu sangat luas, yaitu melaksanakan sebagian tugas Kantor Departemen Agama Kabupaten dan Kota dibidang Urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan.

Selain melaksanakan pencatatan nikah dan rujuk, ternyata tugas dan fungsi KUA itu masih banyak dan luas, seperti mengurus dan membina masjid, zakat, baitul maal, dan yang lainnya termasuk wakaf.

Dengan kata lain, Tugas KUA itu sangat luas, selain pencatatan nikah, juga melakukan fungsi penyuluhan dan bimbingan keagamaan pada masyarakat Islam di kecataman wilayah tugasnya. Demikian juga KUA memiliki tugas melaksanakan bimbingan manasik haji sebagaimana diatur dalam regulasi. Dan yang sedang gencar-gencarnya dilakukan saat ini adalah pengamanan tanah wakaf. 

Saat ini, untuk urusan wakaf, di KUA sudah tersedia operator yang khusus menangani wakaf yang menggunakan aplikasi SIWAK (Sistem Informasi Wakaf). Dengan aplikasi ini, semua data wakaf direkap dan diinput dengan baik, rinci dan jelas. Sehingga terlihat jelas mana yang sudah sertifikat, dan mana yang belum.

Semua tanah wakaf didorong untuk disertifikatkan, minimal memiliki akta ikrar wakaf. Hal ini agar wakaf itu aman dari gugatan yang mempertanyakan legalitas tanah wakaf. Ini menjadi tugasnya KUA dan banyak KUA yang sudah berhasil mensertifikatkan tanah wakaf, tidak terkecuali KUA Leuwimunding Majalengka. Bahkan dalam waktu belakangan ini Kepala KUA Kecamatan Leuwimunding, H. Pipin Zainal Aripin sudah menyerahkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) di Desa Leuwikujang dan Sertifikat Wakaf di Desa Tanjungsari dan Heuleut. Ini merupakan bentuk perhatian KUA Leuwimunding terhadap eksistensi aset umat. 

 

Kontributor: Taupik Hidayat

 

 

 


Dibaca: 54 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter