KUA Rawalumbu, KUA Percontohan di Kota Bekasi

KUA Rawalumbu, KUA Percontohan di Kota Bekasi

Jl. Kemakmuran, Kota Bekasi (Inmas Kota Bekasi)

Sebagai salah satu bentuk dan upaya peningkatan kualitas dan mutu pelayanaan di Kantor urusan Agama (KUA), Kementeriaan Agama RI hingga tingkat terbawah menggelar kegiatan rutin pemilihan KUA Teladan. Pemilihan KUA Teladan ini daapat memberikan nilai dalam peningkatan kualitas pelayanan KUA yang sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Dengan adanya pemilihan ini diharapkan KUA dapat terus berbenah diri memberikan pelayanan terbaik dan menjadi percontohan diantara KUA lainnya.

Di Kota Bekasi, KUA Rawalumbu yang dipimpin Wasih Abas berhasil memenuhi standar penilaian sebagai KUA percontohan Tahun 2016. Demikian Diungkapkan Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kankemenag Kota Bekasi, Sambas Fauzi di kantornya, Rabu 11/5 sebelum melaksanakan monitoring KUA.

Lalu apa sih Penilaian KUA Percontohan ini? Menjawab pertanyaan Inmas Kota Bekasi, Sambas menjelaskan kriterianya adalah memiliki visi, misi dan motto. Visi dan misi ini harus mudah dimengerti masyarakat daan relevan dengan pelayanan.Selain itu visi misi dan motto ini harus dipublikasikan dan diketahui masyarakat luas.

Dilihat dari sisi komponen sistem dan prosedur pelayanan, lanjut Sambas, KUA harus memiliki kotak pengaduan sebagai salah satu kritik dari pelayanan, selain itu SOP nya terpampang jelas di kantor KUA serta memiliki uraian tugas yang jelas dan pelayanan yang cepat,tanggap dan terpadu.

“Ada juga komponen lainnya seperti Sumber daya Manusia yang baik, ketersediaan sarana dan prasarananya seperti balai nikah yang layak, sambungan internet yang memadai dan kemampuan atau keaahlian SDM nya terutama dalam membaca kitab.” Urai Sambas.


Kontributor: evi Agustin


Dibaca: 1.436 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter