KUA Cipeundeuy Laksanakan Workshop Orientasi Program Pemberdayaan Ekonomi

KUA Cipeundeuy Laksanakan Workshop Orientasi Program Pemberdayaan Ekonomi

Cipeundeuy  (HUMAS Kab. Bandung Barat)

Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipeundeuy menyelenggarakan Workshop Orientasi Program Pemberdayaan Ekonomi Umat di KUA Kecamatan Cipeundeuy pada Selasa (24/05/2022). Dalam kegiatan ini Kasubdit pengembangan Zakat Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia, Wida Sukmawati memberikan arahan kepada pendamping dan penerima bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat tahun 2022.

Wida Sukmawati menekankan bahwa perlu adanya bimbingan untuk 10 Penerima manfaat yang dipilih berdasarkan hasil Assesment. Bimbingan ini diharapkan dapat memaksimalkan penyaluran bantuan agar sesuai dengan peruntukannya.

"Jangan sampai bantuan pemerintah itu 7 langkah kedepan langsung habis, maka dari itu dilakukan pelatihan dan pendampingan oleh Penyuluh KUA dan Lembaga Amil Zakat," ujar Wida Sukmawati.

Wida Sukmawanti juga menekankan tiga titik penting dari Program Pemberdayaan Ekonomi Umat tahun 2022, yakni Kementerian Agama, Pendamping penyuluh dan Lembaga Amil zakat, serta penerima manfaat.

"Tiga titik penting itu yakni Kemenag, dalam hal ini Ditjen Bimas Islam , LAZ (Pendamping), Kanwil, Kankemenag, serta KUA yang harus berkoordinasi dan komunikasi sesuai Juklak dan Juknis. Lalu Pendamping penyuluh dan LAZ, yang bersinergi dan komunikasi untuk pendampingan ekonomi umat penerima manfaat. Serta Penerima manfaat yang menerima uang 10 juta sebagai stimulus pengembangan ekonomi," ujar Wida Sukmawati.

Asep Ismail, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat sekaligus Plt. Kabid Penais Zakat Wakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, mengatakan bahawa 10 penerima bantuan di Kecamatan Cipeundeuy merupakan UMKM yang sudah memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

"Saat ini KUA juga berperan dalam meningkatkan ekonomi umat. Semua dijalankan sesuai Juklak dan juknis." Tutup Asep Ismail. 

Kegiatan workshop ini diakhiri dengan Penandatanganan Perjanjian kerjasama antara Kementerian Agama dengan Penerima bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat.

Kontributor: Ani Dwi Utami

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 37 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter