Kepala MTs N 2 Kota Bandung: Salat Dhuha Dulu Baru Mengisi Soal UN

Kepala MTs N 2 Kota Bandung: Salat Dhuha Dulu Baru Mengisi Soal UN

Cicaheum (INMAS Kota Bandung) Banyak cara yang dilakukan pihak madrasah untuk memberikan rasa tenang dan percaya diri kepada para siswanya dalam menghadapi ujian nasional. Diantaranya adalah dengan melakukan bimbingan rohani,  melaksanakan istighotsah dan salat dhuha bersama. 

Menghadapai pelaksanaan ujian nasional MTs tahun pelajaran 2015/2016 ini,  MTs Negeri 2 Kota Bandung telah dua kali  melaksanakan istighotsah serta mewajibkan para siswanya untuk melaksanakan salat dhuha sebelum masuk kelas mengisi soal-soal ujian nasional. 

Kepala MTs Negeri 2 Kota Bandung, Dra. Hj. Rochayati, M.M.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan istighotsah salat dhuha dilakukan agar para siswa secara psikologis diberikan rasa tenang dan percaya diri mengikuti ujian nasional serta memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan.

Kemudian pelaksanaan ujian nasional tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian disampaikan juga oleh Dra. Hj. Rochayati, M.M.Pd bahwa dalam menghadapi ujian nasional ini MTs Negeri 2 Kota Bandung telah berupaya semaksimal mungkin memberikan kepada para siswanya bimbingan dan pembelajaran yakni berupa penambahan jam pelajaran untuk mapel yang diujiankan serta latihan soal secara intensif.

Terkait dengan pelaksanaan pembiasan shalat dhuha bersama, Dra. Hj. Rochayati, M.M.Pd mengatakan bahwa hal itu telah diterapkan kepada seluruh peserta didik sejak dirinya menjabat sebagai Krpala MTs Negeri 2 Kota Bandung beberapa bulan yang lalu.

Setiap hari Senin dua minggu sekali seluruh siswa melaksanakan salat dhuha bersama. “Madrasah diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada para peserta didiknya. Melalui kebijakan-kebijakannya Kepala Madrasah harus mampu menjadikan peserta didiknya untuk berprestasi dalam bidang mata pelajaran sekaligus memiliki pondasi keimanan yang kuat dan akhlak mulia.” Ucapnya.

“Salah satu cara yang dilakukan oleh MTs Negeri 2 Kota Bandung dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan sekaligus membelajarkan anak untuk ta’at beragama dalam mengamalkan sunnah Nabi Muhammad Saw adalah dengan mengajarkan dan membiasakan pada anak didiknya untuk melakukan sholat dhuha setiap hari Senin pada minggu pertama dan ke empat.” Ucapnya lagi. 

Selain itu, lanjut Dra. Hj. Rochayati, M.M.Pd dengan membiasakan peserta didik untuk melaksanakan shalat dhuha diharapkan akan mampu mendekatkan peserta didik dengan Allah Swt.

Kontributor: Agus Saparudin


Dibaca: 132 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter